Aprindo Minta Gerai Ritel Dibantu Insentif Selama PPKM

Red
- Sabtu, 24 Juli 2021 | 18:07 WIB
RAPIKAN PRODUK: Staf toko ritel Miniso merapikan produk yang mereka jual di otlet yang berada di lantai dua Java Supermall Jalan MT Haryono nomor 992-994 Semarang. (suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun)
RAPIKAN PRODUK: Staf toko ritel Miniso merapikan produk yang mereka jual di otlet yang berada di lantai dua Java Supermall Jalan MT Haryono nomor 992-994 Semarang. (suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey berharap gerai ritel yang ditutup selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) harus dibantu dengan insentif operasional

"Harus dibantu, karena kalau tidak, akan ada lagi yang mengambil langkah kebijakan strategis untuk menutup, karena ketidakmampuan ritel dalam mengoperasionalkan toko maupun likuiditas," kata Roy saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Bank Indonesia mencatat indeks penjualan riil Ritel terus tergerus hingga 14 persen sejak April 2021. Oleh karena itu, diungkapkan Roy Mandey, pada Juni hanya tersisa 3,6 persen.

Baca Juga: 2 Terduga Provokator Aksi Demo di Semarang Diamankan, Polda Jateng: Gabung di Grup Klub Tenis

Khusus di DKI Jakarta, indeks penjualan riil tergerus hingga 9 persen sampai Juni 2021. Dengan diberlakukannya PPKM sejak 3 Juli, indeks penjualan riil diproyeksikan turun lebih dalam lagi.

Di sisi lain, sektor ritel dinilai belum menjadi sektor prioritas bagi pemerintah, karena belum mendapatkan insentif untuk merestrukturisasi kredit.

"Kita juga belum mendapat insentif untuk subsidi listrik, tarif kita masih Rp1.400 kwh, belum ada perubahan. Sebelum pandemi dan sekarang tarifnya masih sama," kata Roy.

Baca Juga: PMI Jawa Tengah Distribusikan 20 Ton Oksigen untuk 8 Rumah Sakit

Selain subsidi listrik, para pengusaha ritel juga berharap adanya insentif untuk gaji karyawan yang memiliki porsi 65 persen merupakan tenaga SPG, kasir, dan pertokoan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi, Pertumbuhan Investor Justru Makin Bersemi

Jumat, 17 September 2021 | 15:21 WIB

13 Green Energy Station Hadir di Jawa Tengah DIY

Selasa, 14 September 2021 | 14:26 WIB
X