MSA Kargo Fasilitasi Ekspor Pelaku UMKM di Yogyakarta

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 11:12 WIB
Sutopo dari PKC Bea dan Cukai Yogyakarta dan Regional Manager Jawa Tengah MSA Kargo, Gandhi Yudi Widodo memotong pita dalam acara konsolidasi barang eksport perdana. (suaramerdeka.com / dok)
Sutopo dari PKC Bea dan Cukai Yogyakarta dan Regional Manager Jawa Tengah MSA Kargo, Gandhi Yudi Widodo memotong pita dalam acara konsolidasi barang eksport perdana. (suaramerdeka.com / dok)

BANTUL, suaramerdeka.com - Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terutama di Daerah Yogyakarta kini mudah kirim barang ke luar negeri atau ekspor.

Kendala administrasi, perizinan, dan kuantitas barang atau produk yang akan diekspor kini teratasi dengan adanya perusahaan kargo yang ditunjuk kantor Bea dan Cukai sebagai konsolidator dalam mengirim produk ke luar negeri.

"Untuk ekspor tak harus menunggu satu kontiner. Sebagai perusahaan yang ditunjuk sebagai konsolidator, kami siap mengirim barang para UMKM ke luar negeri berapa pun volumenya, kami juga akan membantu dalam hal perizinan," kata kepala cabang MSA Kargo Yogyakarta Irwan Suryo Nugroho.

Hal itu dikatakan di sela konsolidasi barang ekspor di MSA Kargo cabang Yogyakarta yang berlokasi di ring raod Selatan, Bantul, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga: Harga Minyak Naik Tipis Sekaligus Memperpanjang Reli Sesi Keempat Berturut-turut

Hadir dalam kesempatan itu Regional Manager Jawa Tengah MSA Kargo Gandhi Yudi Widodo dan Sutopo mewakili kantor Bea dan Cukai Yogyakarya.

Dikatakan, dalam situasi pandemi covid-19 seperti sekarang ini banyak eksporter pemula dari para pelaku UMKM.

Pada awalnya, sebagian besar dari mereka adalah korban PHK yang terpaksa banting stir berwira usaha.

Meski pemula, produk mereka cukup bagus dan berkualitas. Dalam berjualan atau promosi, mereka juga tertolong dengan media sosial atau media online yang bisa dibaca di mana-mana bahkan sampai ke luar negeri.

Baca Juga: Baznas Jateng Kalengkan Daging 34 Sapi untuk Dibagikan kepada Mustahik

"Kami bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM serta lembaga terkait lainnya untuk terus mendorong teman-teman UMKM untuk ekspor, apalagi kalau produknya bagus dan berkualitas," kata Regional Manager Jawa Tengah MSA Kargo Gandhi Yudi Widodo.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dongkrak Penjualan UMKM, Warung Serasi Resmi Dibuka

Selasa, 21 September 2021 | 21:57 WIB
X