Harga Minyak Naik Tipis Sekaligus Memperpanjang Reli Sesi Keempat Berturut-turut

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 10:24 WIB
Kilang Minyak lepas pantai. (suaramerdeka.com / dok)
Kilang Minyak lepas pantai. (suaramerdeka.com / dok)

NEW YORK, suaramerdeka.com – Minyak memperpanjang reli untuk sesi keempat secara berturut-turut setelah harganya naik tipis pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB)/

Selain itu, ekspektasi bahwa pasokan akan tetap ketat sepanjang tahun membuat minyak mencatat kenaikan untuk minggu ini setelah pemulihan yang kuat dari penurunan tajam Senin (19/7).

Untuk pengiriman september, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September mengakhiri sesi dengan menguat 31 sen atau 0,4 persen, menjadi 74,10 dolar AS per barel setelah melonjak 2,2 persen pada Kamis (22/7).

Kenaikan juga dicatatkan minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS sebesar 16 sen atau 0,2 persen menjadi 72,07 dolar AS per barel setelah terangkat 2,3 persen sehari sebelumnya.

Baca Juga: Dolar Sedikit Menguat pada Mata Uang Lain di Akhir Perdagangan

Di sisi lain, Brent naik 0,7 persen setelah turun selama tiga minggu berturut-turut, sementara WTI naik 0,4 persen setelah jatuh selama dua minggu.

Senin lalu, kedua harga acuan minyak anjlok sekitar 7,0 persen sebelum mengurangi kerugian tersebut karena investor memperkirakan permintaan tetap kuat dan pasar menerima dukungan dari penurunan stok minyak dan meningkatnya tingkat vaksinasi.

Harga minyak dan aset berisiko lainnya jatuh pada awal minggu di tengah kekhawatiran atas dampak pada ekonomi dan permintaan minyak mentah dari melonjaknya kasus varian Delta Covid-19 di Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan di tempat lain.

Baca Juga: PPKM Darurat Perlu Dievaluasi Total, Pemerintah Harus Bersikap Jujur pada Rakyat

"Kekhawatiran permintaan terbukti dibesar-besarkan, itulah sebabnya harga minyak telah pulih. Meskipun ada ekspansi pasokan minyak, pasar minyak akan tetap sedikit kekurangan pasokan hingga akhir tahun," kata Commerzbank dalam sebuah catatan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga, Emas Merangkak Naik

Kamis, 23 September 2021 | 08:12 WIB
X