Bangun Kedaulatan Energi, Kerja Sama Tingkatkan Pemanfaatan Gas Bumi Dijajaki

- Kamis, 8 September 2022 | 15:40 WIB
PGN dan PT Pindad Melakukan Penjajakan Kerjasama. (Dokumen PGN.)
PGN dan PT Pindad Melakukan Penjajakan Kerjasama. (Dokumen PGN.)

BANDUNG, suaramerdeka.com – Melalui program sinergi BUMN, PGN sebagai Subholding Gas Pertamina, menjajaki potensi kerja sama dan kolaborasi dengan PT Pindad (Persero) dalam pengembangan teknologi tabung CNG dan LNG serta infrastruktur pendukung lainnya.

Adapun kerjasama yang dapat dilakukan yaitu pengembangan tabung LNG dan CNG dalam bentuk Isotank, filling station, dan MRU.

Sementara pada proyek jargas, PGN dan Pindad terbuka kesempatan untuk kerja sama dalam hal tapping saddle, elbow, fitting, dan tabung gas untuk kompor portable.

Baca Juga: Sempat Diminta Tembak Brigadir J, Ini Jawaban Bripka RR

Saat ini, PGN tengah mengupayakan terobosan untuk penyaluran LNG Retail, di mana menggunakan LNG yang dikemas dalam bentuk tabung yang movable sama halnya seperti bentuk tabung LPG.

Ukuran tabung mulai dari 175L, 110 L, 80 L, 45 L, 30 L, dan 15 L. Untuk segmen Hotel, Restourant dan Café bisa menggunakan berukuran 175 Liter yang setara dengan LPG 50 Kg.

“Dalam penyaluran gas bumi dengan skema non pipa, PGN telah memiliki mode penyaluran LNG dan Gaslink Cylinder dengan potensi demand sekitar 28 BBTUD."

Baca Juga: Banyakin Bersyukur, Tsunami Rezeki Hantam 3 Zodiak Ini Sepanjang Tahun 2022, Siap Sukses Nih!

"Dua mode ini memudahkan PGN untuk bisa melayani pelanggan di sektor komersial seperti perhotelan restoran, dan café,” jelas Direktur Sales dan Operasi PGN, Faris Aziz, Rabu 8 September 2022.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar menambahkan, kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan menimbulkan tantangan tersendiri dalam distribusi gas.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pupuk Indonesia Go Global Lewat Ekspansi di Dubai

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:01 WIB
X