Sandiaga Uno : Kesiapan SDM Kunci Pengembangan Ekonomi Kreatif

- Jumat, 23 Juli 2021 | 15:50 WIB
Puncak perayaan dies natalis ke-40 Universitas PGRI Semarang (Upgris), Jumat 23 Juli 2021, menghadirkan Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Kemenparekraf/Baparekraf. (suaramerdeka.com/dok)
Puncak perayaan dies natalis ke-40 Universitas PGRI Semarang (Upgris), Jumat 23 Juli 2021, menghadirkan Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Kemenparekraf/Baparekraf. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Puncak perayaan dies natalis ke-40 Universitas PGRI Semarang (Upgris), Jumat 23 Juli 2021, menghadirkan Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Kemenparekraf/Baparekraf.

Ia secara virtual memberikan pidato ilmiah. Salah satu poin pentingnya, arahan untuk menyiapkan SDM yang berorientasi pada pengembangan ekonomi kreatif di tengah masa pandemi Covid-19.

Menurut Sandiaga, dampak pandemi Covid-19 terjadi diberbagai lini pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Sektor pariwisata menjadi sektor yang sangat terpukul oleh pandemi. UNWTO memprediksi kondisi baru akan kembali normal semula pada 2022-2024. Begitu juga sektor ekonomi kreatif, walaupun cenderung stabil, juga mengalami kontraksi," ujarnya.

Baca Juga: Siswa SD Bertanya 'Jadi Presiden Ngapain Aja?', Ini Jawaban Jokowi

Adapun subsektor yang mendukung adanya pemanfaatan dari rumah seperti televisi, radio, aplikasi dan pengembang permainan, justru mengalami peningkatan.

Sandiaga memaparkan, ekonomi kreatif berperan dalam membangkitkan UMKM. Dalam hal ini sumber daya manusia (SDM) sebagai modal utama untuk mengembangkan sektor tersebut.

"Ekonomi kreatif ini secara tidak langsung mengarahkan dan mencoba menciptakan wirausahawan yang handal dalam berbagai bidang. Penyiapan SDM begitu penting agar menjadikan produk bernilai rendah menjadi produk bernilai dan berdaya jual tinggi," ungkapnya.

Baca Juga: Anggaran COVID-19 Juga untuk Melindungi Anak-Anak dari Dampak Pandemi

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi, Pertumbuhan Investor Justru Makin Bersemi

Jumat, 17 September 2021 | 15:21 WIB

13 Green Energy Station Hadir di Jawa Tengah DIY

Selasa, 14 September 2021 | 14:26 WIB
X