Pengembang Hitung Ulang Penyesuaian Harga Properti Pasca Kenaikan BBM

- Rabu, 7 September 2022 | 17:21 WIB
Property Expo Semarang di Mal Paragon. Pengembang menimbang penyesuaian harga properti menyusul kenaikan harga BBM. (suaramerdeka.com/Modesta Fiska)
Property Expo Semarang di Mal Paragon. Pengembang menimbang penyesuaian harga properti menyusul kenaikan harga BBM. (suaramerdeka.com/Modesta Fiska)

SEMARANG, suaramerdeka.com- Kalangan pengembang terus berhitung untuk penyesuaian harga properti menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Sebelumnya, penyesuaian harga sudah dilakukan dipicu material bahan baku khususnya yang diimpor mengalami kenaikan harga.

Pengembang khususnya rumah subsidi pun terus mendesak agar pemerintah segera menetapkan harga untuk rumah subsidi yang beberapa tahun terakhir ini masih bertengger di harga Rp150,5 juta.

Baca Juga: 8 Penyebab Kanker Serviks pada Wanita yang Tidak Disadari, Nomor 3 Paling Sering, Cek Faktanya

Ketua Bidang Pameran dan Expo DPD REI Jateng, Juremi mengungkapkan, dilema para pengembang rumah subsidi karena sampai sekarang harga belum naik sementara material terus merangkak naik harganya dan juga upah tenaga kerjanya.

''Harga dasar tanah juga mahal, dan harga jual yang menentukan pemerintah. Sekarang bertahan saja dulu yang masih punya lahan dan belum selesai ya mengerjakan itu saja,'' kata Juremi di sela pembukaan Property Expo Semarang ke-6 di Mal Paragon, Rabu (7/9).

Daya beli untuk rumah bersubsidi, menurut Juremi juga masih baik. Namun yang sering bermasalah di konsumen terkait BI Checking.

Baca Juga: Ini 6 Resep Ramuan Daun Mangkokan untuk Sembuhkan Luka dan Rambut Rontok. Segera Tanam di Pekarangan Rumah.

Hal ini bisa saja terjadi akibat efek pandemi dimana banyak yang membutuhkan dana segar untuk keberlangsungan usahanya.

''Bisa kita lihat leasing, pinjol semuanya terhubung ke BI Checking termasuk ASN yang jadi harapan pengembang juga ternyata tidak gampang,'' ujar Juremi yang juga pengembang rumah subsidi tersebut.

Halaman:

Editor: Modesta Fiska

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 2 Cara Cek Tarif JNE Tanpa Ribet!

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:42 WIB
X