Ini Persiapan Sebelum Perjalanan dengan KA Jarak Jauh selama PPKM

- Jumat, 23 Juli 2021 | 13:14 WIB
Ilustrasi Kereta Api (KA) Bandara./suaramerdeka.com/Dok
Ilustrasi Kereta Api (KA) Bandara./suaramerdeka.com/Dok


JAKARTA, suaramerdeka.com - Bagi Anda yang akan naik kereta api (KA) jarak jauh, ada regulasi perjalanan KAI selama PPKM terbaru yang harus Anda ketahui agar tidak batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan naik kereta di masa PPKM ini.

Sesuai dengan SE Satgas Covid-19 Nomor 15 Tahun 2021, di masa PPKM ini Anda perlu menunjukkan kartu/sertifikat vaksin minimal dosis pertama dan hasil negatif rapid test antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Pastikan pula Anda memenuhi kriteria perjalanan yang berlaku.

Jika Anda punya urusan penting di luar kota yang tidak bisa ditunda, berikut ini ada tips bepergian nyaman naik kereta api selama PPKM yang bisa jadi referensi Anda.

1. Sebelum berangkat

Sebelum berangkat naik kereta api, berikut ini berbagai tips yang bisa Anda lakukan agar perjalanan berjalan lancar tanpa hambatan.

● Beli tiket kereta api secara online untuk menghindari kehabisan tiket karena saat PPKM, PT KAI menyesuaikan jumlah perjalanan kereta. Jadi, amankan tiket kereta Anda dengan beli online dengan mudah dan praktis.
● Download sertifikat vaksin Anda melalui website maupun aplikasi PeduliLindungi. Anda bisa menunjukkan versi digital maupun cetak kepada petugas saat di stasiun.
● Lakukan rapid test antigen satu hari sebelum berangkat. Meski ada stasiun yang menyediakan layanan rapid test antigen untuk calon penumpang, namun bukankah jauh lebih nyaman jika melakukannya tanpa buru-buru. Anda juga bisa santai sambil menunggu hasilnya keluar.
● Kemas barang bawaan dan jangan lupa bawa barang bawaan wajib selama melakukan perjalanan di masa pandemi (masker cadangan, hand sanitizer, tisu basah dan kering, obat-obat penting dan desinfektan) untuk dibawa di dalam tas kecil.
● Pastikan Anda beristirahat dengan cukup sebelum berangkat sehingga stamina tubuh tetap dalam kondisi prima.

2. Di hari keberangkatan

Di hari H keberangkatan, Anda bisa lakukan hal-hal berikut ini.

● Bawa bekal makanan dan minuman dari rumah.
● Pakai pakaian lengan panjang atau pakai jaket untuk mengurangi risiko kontak fisik dengan orang lain
● Tiba lebih awal di stasiun setidaknya dua jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menukar tiket di mesin yang tersedia dan melalui pemeriksaan dokumen persyaratan naik kereta di masa PPKM
● Patuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh PT KAI selama ada di area stasiun hingga di atas kereta, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh, pemeriksaan dokumen dan memakai masker dengan benar.
● Ada baiknya menggunakan masker ganda, yaitu masker medis dilapis dengan masker kain untuk meningkatkan kemampuannya dalam menyaring partikel udara
● Jaga jarak dengan penumpang lain saat menunggu kereta datang di peron
● Usahakan tidak terlalu banyak menyentuh permukaan benda yang ada di stasiun dan kereta, seperti tiang penyangga, dinding bangunan stasiun, gagang pintu dan sebagainya. Rutin gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan Anda.

3. Di dalam kereta

Selama perjalanan di atas kereta, berikut ada berbagai tips yang harus Anda perhatikan.

● Langsung duduk di kursi sesuai dengan nomor yang tertera di tiket Anda
● Bersihkan kursi duduk dengan menyemprotkan desinfektan. Semprotkan juga di area sekitar jendela untuk membersihkan area duduk Anda
● Jangan lupa untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang sudah Anda packing
● Selalu pakai masker selama di atas kereta kecuali saat makan dan minum
● Jangan berbicara dengan penumpang lain maupun mengangkat telepon jika tidak penting

Nah itu tadi berbagai tips yang bisa Anda ikuti saat akan naik kereta jarak jauh di masa PPKM ini. Pastikan Anda selalu update mengenai peraturan perjalanan kereta api di masa pandemi ini karena aturannya dapat berubah sesuai dengan kondisi Covid-19 di Indonesia.

Jangan lupa juga untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan di mana pun Anda berada, ya!

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Telur Anjlok, Peternak Sebut Ada 3 Faktor Penyebab

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

Sinergi Hippindo dan Kadin Jawa Tengah Serap Produk UMKM

Senin, 27 September 2021 | 13:29 WIB

PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

Senin, 27 September 2021 | 11:34 WIB

Tren Bisnis Auto Cuan Diperkenalkan

Minggu, 26 September 2021 | 19:22 WIB

Asuransi Syariah atau Konvensional? Ini Perbedaannya!

Minggu, 26 September 2021 | 10:36 WIB
X