Semangat Wirausaha, Pemuda Mampu Bersaing dan Ciptakan Lapangan Pekerjaan

- Selasa, 20 Juli 2021 | 19:43 WIB
pameran produk umkm dunia (kemlu/dok)
pameran produk umkm dunia (kemlu/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka secara resmi kick off Kuliah Kewirausahaan Pemuda dengan tema ‘Mengembangkan talenta wirausaha muda pemula untuk Indonesia yang semakin maju dan jaya’ secara virtual, Kamis (15/7) siang.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Kemenpora dan Kementerian Koperasi dan UMKM. Hadir dalam acara ini para rektor dan akademisi dari 35 perguruan tinggi serta ratusan wirausahawan muda yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Menpora Amali mengatakan bahwa walaupun dalam situasi pandemi COVID-19 dan penyebaran kasusnya makin meningkat. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat pihaknya untuk membekali keterampilan kepada anak muda yang saat ini berada di perguruan tinggi.

Baca Juga: Ini Cara Mudah dan Akurat Hitung Berat Badan Ideal

Menurutnya, para pemuda atau mahasiswa di kampus tersebut, jangan hanya memiliki kemampuan akademik saja, tapi juga harus ada keterampilan lain yang didapatkan di perguruan tinggi salah satunya kewirausahaan.

“Tentu juga mereka harus kita bekali agar supaya begitu mereka keluar dari perguruan tinggi, dari kampus masing-masing mereka mampu mandiri, mereka mampu bersaing,” kata Menpora Amali.

Dengan demikian, perguruan tinggi melahirkan pemuda menciptakan lapangan pekerjaan bukan pencari pekerjaan.

“Itulah tujuan kita menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan pemuda dan khususnya di kalangan mahasiswa,” ungkapnya.

Tantangan mahasiswa dan pemuda yang saat ini berada di perguruan tinggi dinilai semakin kompleks dan semakin berat, karena persaingan global semakin hari semakin ketat. Dia mencontohkan, baru perang dagang antara dua Negara yakni Amerika Serikat dan Tiongkok tapi imbasnya ke negara-negara lain termasuk termasuk Indonesia. Namun apa yang terjadi bila semua negara ikut dalam persaingan-persaingan tersebut.

“Kalau kita tidak persiapkan anak-anak kita sebagai generasi muda, generasi penerus yang di mana di tangan mereka negara ke depan, maka saya kuatir kita akan termarjinalkan dalam persaingan global itu,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

PPKM Darurat, Persipa Bantu Promosikan UMKM Pati

Senin, 19 Juli 2021 | 07:45 WIB

Corona Mengganas, Program PEN Jadi Tumpuan UMKM

Jumat, 16 Juli 2021 | 17:05 WIB

Dukung UMKM, PLN Salurkan Dana TJSL

Jumat, 25 Juni 2021 | 19:07 WIB
X