Menteri METI Jepang dan Menko Airlangga Bahas Kerja Sama Perdagangan, Investasi, IPEF hingga KTT G20

- Senin, 5 September 2022 | 06:15 WIB
Menteri Energi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI) Nishimura Yasutoshi bertemu dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (suaramerdeka.com / ekon.go.id)
Menteri Energi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI) Nishimura Yasutoshi bertemu dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (suaramerdeka.com / ekon.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Energi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI) Nishimura Yasutoshi bertemu dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Pertemuan Airlangga dan Menteri METI Jepang tersebut membahas kerja sama perdagangan, investasi, Indo-Pasifik Economic Framework (IPEF), hingga KTT G20.

Diketahui, kerja sama erat Indonesia dengan negara-negara lain di dunia, termasuk Jepang, turut menciptakan tren positif pemulihan di berbagai sektor yang terdampak selama pandemi.

Baca Juga: Karunia Emas 3 Shio Pemilik Bintang Keberuntungan, Rezeki Lancar, Ada yang Dapat Warisan Lho

Total nilai perdagangan Indonesia dengan Jepang pada tahun 2021 tercatat sebesar USD32.5 miliar dan nilai investasi Jepang pada tahun 2021 mencapai USD23 miliar.

Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJ-EPA) terdapat banyak capaian kerja sama dan beberapa pembaruan perjanjian.

Di antaranya yaitu meningkatkan ekspor Ikan Tuna Kaleng Indonesia dengan tarif yang lebih bersaing dibandingkan negara ASEAN lain.

Baca Juga: Intai Asmara Zodiak Hari Ini 5 September 2022: Taurus Jatuh Cinta, Intervensi Gemini, Aries Butuh Pasangan

Kemudian, meningkatkan kuota bebas bea masuk menjadi 4.000 ton per tahun untuk ekspor pisang

Terakhir, mengubah syarat pembebasan bea masuk dan menambah kuota untuk ekspor buah Nanas.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 2 Cara Cek Tarif JNE Tanpa Ribet!

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:42 WIB
X