Produk Olahan Kolang-Kaling Jatirejo Gunungpati Didorong Tembus Pasar Ekspor

- Sabtu, 3 September 2022 | 09:24 WIB
Anggota Wantimpres RI Putri Kus Wisnuwardani (tengah) didampingi Krisseptiana Hendrar Prihadi saat meresmikan Rumah Produksi Si Koling di Kelurahan Jatirejo, Gunungpati. (suaramerdeka.com / dok Watimpres)
Anggota Wantimpres RI Putri Kus Wisnuwardani (tengah) didampingi Krisseptiana Hendrar Prihadi saat meresmikan Rumah Produksi Si Koling di Kelurahan Jatirejo, Gunungpati. (suaramerdeka.com / dok Watimpres)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Produk olahan kolang-kaling atau Si Koling di Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang didorong bisa diekspor ke luar negeri.

Produk olahan kolang-kaling Si Koling ini berpotensi dapat diekspor dengan cara bergerak bersama.

Hal itu diungkapkan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI Putri Kus Wisnuwardani usai meresmikan Rumah Produksi Si Koling di Kelurahan Jatirejo, Gunungpati, Semarang, Jumat 2 September 2022.

Baca Juga: Kutu Putih Menyerang, Jangan Bingung Cukup Gunakan 4 Bahan Ini Murah Meriah Bikin Beluk Lenyap

“Mungkin saat ini olahan kolang-kaling masih memenuhi pasar lokal, tetapi kami berharap industri rakyat ini kedepan produknya bisa tembus pasar ekspor,” kata Putri sapaan akrabnya

Menurutnya, apa yang dilakukan Pertiwi Kota Semarang bersama BNI membina para pelaku UMKM melalui peluncuran Rumah Produksi Si Koling menjadi percontohan.

Apalagi, kata dia kolang-kaling merupakan bahan pangan yang bisa diolah menjadi berbagai macam sajian.

Baca Juga: Keistimewaan Weton Sabtu Pahing, Ini Terawangan Primbon Jawa soal Watak, Jodoh, Pekerjaan dan Rezeki

Jadi ini bisa menjadi peluang kita bersama untuk mengisi kekosongan akibat krisis pangan yang saat ini terjadi di dunia.

"Kami juga mengusulkan, agar olahan kolang-kaling ini bisa tahan lebih lama sehingga tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri tetapi juga ke luar negeri,” terangnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dekopin Konsisten Beri Pendampingan UMKM dan Koperasi

Sabtu, 19 November 2022 | 15:05 WIB

KADIN Binus Luncurkan Program Pendampingan UMKM

Sabtu, 12 November 2022 | 06:15 WIB
X