Perlu Kombinasikan dan Sinergikan Beberapa Strategi Pemerintah, untuk Turunkan Inflasi

- Jumat, 2 September 2022 | 20:54 WIB
Ilustrasi menurunkan inflasi. (dok. Suaramerdeka.com)
Ilustrasi menurunkan inflasi. (dok. Suaramerdeka.com)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Deputy Director Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengungkapkan strategi pemerintah tersebut perlu dikombinasikan dan disinergikan untuk menurunkan angka inflasi pangan secara efektif.

"Sebenarnya beberapa strategi dari pemerintah tersebut memang perlu dikombinasikan," ujarnya di Jakarta, hari ini.

Meski demikian, menurut Eko, ada hal yang patut segera dilakukan yakni mengoptimalkan Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum untuk pengendalian inflasi.

Baca Juga: Bisikan Dewa Langit, 4 Zodiak Didatangi Rezeki dan Cuan Selangit, Bisa Beli Hp Seri Terbaru

Pemerintah juga penting untuk menyediakan ruang penyimpanan (cold storage) di sentra produksi maupun di pasar untuk antisipasi lonjakan permintaan.

Selain itu, operasi pasar juga harus dimaksmalkan agar bisa lebih tepat sasaran.

"Namun, beberapa yang paling urgen dilakukan untuk mengendalikan inflasi daerah adalah optimalisasi DAK dan DTU untuk pengendalian inflasi, cold storage di sentra produksi maupun di pasar untuk antisipasi lonjakan permintaan, serta operasi pasar tepat sasaran," terangnya.

Baca Juga: Gembira Banget 5 Zodiak Ini, Rezeki Bakal Melejit, Walau Tengah Ada Masalah

Rekomendasi selanjutnya yakni terkait upaya meredam harga pangan dan penguatan sinergi TPIP-TPID melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) untuk mempercepat stabilisasi harga.

Menko Airlangga meminta kepala daerah yang angka inflasinya di atas nasional untuk dapat menurunkan inflasi dalam bulan-bulan ke depan hingga di bawah 5 persen.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X