Agar Segera Naik Kelas, Pelaku UMKM Banyumas Didorong Beralih ke Digital dan Urus Izin Usaha

- Kamis, 1 September 2022 | 16:40 WIB
KSP Moeldoko saat berbicara di depan anggota Asosiasi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah kabupaten Banyumas (Aspikmas).  (suaramerdeka.com / dok KSP)
KSP Moeldoko saat berbicara di depan anggota Asosiasi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah kabupaten Banyumas (Aspikmas). (suaramerdeka.com / dok KSP)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk segera mengurus izin usahanya dan beralih ke digital.

“Agar UMKM Bisa segera naik kelas,” tegas Moeldoko di depan anggota Asosiasi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah kabupaten Banyumas (Aspikmas), di Purwokerto, Kamis 1 September 2022.

Moeldoko mengungkapkan, bahwa pengembangan UMKM untuk bisa naik kelas merupakan satu dari lima agenda besar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Baca Juga: PKKMB Penting untuk Mahasiswa Baru

Untuk itu, terang dia, pemerintah melalui implementasi Undang-Undang Cipta Kerja yakni PP No 7/2021 telah memberikan dukungan kepada UMKM dari berbagai aspek, mulai hulu hingga hilir.

Seperti permodalan, perizinan, fasilitasi sertifikasi, hingga pemasaran dan kemitraan.

“Contohnya soal perizinan. Pemerintah sudah berikan kemudahan untuk mengurus izin secara online lewat OSS RBA. Dan sampai saat ini, pemerintah sudah terbitkan NIB 1,6 juta lebih untuk usaha mikro dan kecil. Siapa yang belum mengurus, segera mengurus izin usahanya agar bisa merasakan manfaat program pemerintah lainnya,” seru Moeldoko.

Baca Juga: Laga Persis Vs PSIS di Stadion Manahan, Ratusan Polisi Disiagakan, Siap Kawal Suporter

Moeldoko memastikan, pemerintah sangat berpihak kepada UMKM.

Sebab, UMKM memiliki kontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) yang mencapai angka 61 persen.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dekopin Konsisten Beri Pendampingan UMKM dan Koperasi

Sabtu, 19 November 2022 | 15:05 WIB

KADIN Binus Luncurkan Program Pendampingan UMKM

Sabtu, 12 November 2022 | 06:15 WIB

Bangkitkan UMKM Lokal Melalui Dana Bergulir

Senin, 31 Oktober 2022 | 08:08 WIB
X