Ada Peningkatan Mobilitas, Luhut Minta PPKM Darurat Sektor Industri Diperketat

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 12:52 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan./Foto: dok. Menko Maritim (Nugroho Wahyu Utomo)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan./Foto: dok. Menko Maritim (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di sektor industri diminta untuk diperketat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, permintaan itu seiring pengamatan di beberapa wilayah khususnya area sektor industri.

Ada peningkatan intensitas cahaya malam hari, pada area tersebut, yang menjadi indikator meningkatnya mobilitas masyarakat di wilayah tersebut.

Baca Juga: Ini Strategi Kemnaker Bendung Gelombang PHK saat PPKM Darurat

"Perlu diwaspadai, di Karawang sudah muncul klaster Covid-19 dari kawasan industri. Saya minta pengetatan dan tidak memberikan celah untuk pelanggaran yang tidak sesuai aturan berlaku," kata Luhut dalam keterangan tertulisnya yang diterima suaramerdeka.com

Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali itu menuturkan berdasarkan penemuan di lapangan, terjadi pelanggaran adanya pabrik di sektor esensial yang mengaktifkan shift malam sehingga jumlah karyawan masuk dalam 24 jam tetap 100 persen.

Hal itu menyebabkan indeks cahaya malam di kota/kabupaten yang memiliki aktivitas meningkat signifikan.

Baca Juga: Hasil Uji Klinis, Efikasi Vaksin Pfizer untuk Remaja 12-15 Tahun Capai 100 Persen

Oleh karena itu, Luhut meminta Kementerian Perindustrian agar mengawasi lebih ketat terhadap pelaksanaan di lapangan serta mengevaluasi penerbitan izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI).

"Saya juga meminta kepada kepolisian agar mengawasi implementasi ini dengan mengacu pada panduan umum dan sektor yang masuk di sektor kritikal dan esensial sesuai pada Instruksi Mendagri," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga, Emas Merangkak Naik

Kamis, 23 September 2021 | 08:12 WIB

Kinerja PT KIW Tetap Positif di Masa Pandemi

Jumat, 17 September 2021 | 20:07 WIB

Data Ritel AS Menguat, Harga Emas Berjangka Menurun

Jumat, 17 September 2021 | 08:12 WIB

Transaksi Fisik Pasar Timah Melonjak

Kamis, 16 September 2021 | 22:29 WIB
X