PLN UPT Salatiga memberikan bantuan TSJL kepada UMKM Bank Sampah Fores Migunani

- Jumat, 16 Juli 2021 | 11:52 WIB
 PT PLN UPT Salatiga memberikan bantuan TSJL kepada UMKM Bank Sampah Fores Migunani. (suaramerdeka.com / dok)
PT PLN UPT Salatiga memberikan bantuan TSJL kepada UMKM Bank Sampah Fores Migunani. (suaramerdeka.com / dok)

MAGELANG, suaramerdeka.com - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Salatiga memberikan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada UMKM Bank Sampah Fores Migunani pada Bulan Mei 2021.

Kegiatan dalam rangka mendukung pengelolaan sampah di Desa Jamus Kauman, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang

Bantuan ini yang kedua untuk mendukung Program dari Pemerintah Dinas Lingkungan Hidup Kab. Magelang dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesia.

Baca Juga: Tantangan Kenaikan Covid-19, Pembatasan Mobilitas dan Percepatan Vaksinasi Jadi Kunci

Antara lain disebabkan karena semakin banyaknya limbah sampah yang dihasilkan masyarakat, kurangnya tempat sebagai pembuangan sampah serta pengelolaan sampah yang belum sesuai sehingga pada akhirnya menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Sidik Prasetyo Kusmiyarso selaku Manager PLN UPT Salatiga menjelaskan bank sampah merupakan wadah atau tempat untuk mengelola sampah dengan prinsip reduce, reuse, dan recycle (3R) yang dikelola oleh masyarakat dan didukung oleh pemerintah daerah.

Bank sampah bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah, meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam pengurangan timbunan sampah, serta meningkatkan ekonomi sirkular dalam pengelolaan sampah di masyarakat.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN atas kepeduliannya terhadap lingkungan. Bantuan ini akan kami gunakan untuk pengembangan Bank Sampah, salah satunya adalah untuk pembelian mesin pencacah plastik dan kompos. Ke depannya bantuan ini dapat bermanfaat dalam menjaga lingkungan, Ujar Ketua Bank Sampah Fores Migunani, Ahmad Kholis Ridwan Habibi.

Baca Juga: Bhakti Sosial di Pemalang, Puluhan Bingkisan Diberikan ke Warga Terdampak Covid-19

Pihaknya juga berharap kepada pemerintah, agar bisa membuatkan TPS3R di wilayahnya, karena saat ini kegiatan memilah sampah masih menggunakan sebuah gudang milik warga.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dongkrak Penjualan UMKM, Warung Serasi Resmi Dibuka

Selasa, 21 September 2021 | 21:57 WIB
X