Pernyataan Ketua The Fed Membuat Dolar Naik pada Akhir Perdagangan

Ant
- Jumat, 16 Juli 2021 | 09:24 WIB
Dollar. (Pixabay)
Dollar. (Pixabay)

NEW YORK, suaramerdeka.com – Menyusul pernyataan ketua Federal Reserve kepada Kongres jika tidak perlu terburu-buru beralih ke kebijakan moneter yang lebih ketat pascapandemi, dolar AS naik pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB).

Kenaikan dolar sekaligus memulihkan sebagian besar kekuatan yang hilang di sesi sebelumnya. Kenaikan sebesar 0,2 persen diperlihatkan indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama saingannya, menjadi 92,603.

Indeks jatuh ke serendah 92,272 di awal sesi, sebelumnya telah naik dalam beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: Pernyataan Powell Kuatkan Harga Emas di Akhir Perdagangan

Kenaikan itu lantaran investor menjadi lebih optimis tentang prospek greenback, didorong oleh penilaian ekonomi AS yang semakin optimis oleh Federal Reserve, yang telah memajukan kerangka waktu tentang kapan akan menaikkan suku bunga berikutnya.

Pada Rabu (14/7/2021), Ketua Fed Jerome Powell mengatakan dia yakin kenaikan harga-harga baru-baru ini terkait dengan pembukaan kembali pascapandemi negara itu.

"Tentu saja ada suara yang berbeda di FOMC tetapi posisi Ketua tampaknya cukup jelas, diskusi tapering (pengurangan pembelian obligasi) dan keputusan tidak akan terjadi sampai akhir tahun ini," kata Shaun Osborne, Kepala Strategi Valas di Scotiabank, mengatakan dalam sebuah catatan, dikutip dari Reuters.

Baca Juga: PPKM Darurat, Pemerintah Pastikan Kondisi Keuangan Indonesia Terkendali

Kamis, Greenback terbantu data yang menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun pekan lalu, karena pasar tenaga kerja terus mendapatkan daya tarik.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan pada Kamis (15/7/2021), klaim pengangguran awal AS, cara kasar untuk mengukur PHK, turun 26.000 menjadi 360.000 dalam pekan yang berakhir 10 Juli, menandai terendah baru di era pandemi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aset Kripto sebagai Instrumen Investasi Online

Kamis, 22 Juli 2021 | 23:21 WIB
X