Tingkatkan Keandalan Performa Trafo, PLN UIT JBT Implementasikan Corbuser

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 09:24 WIB
Tim Inovasi PLN UIT JBT melalui Gardu Induk Krapyak dan BSB menciptakan dan mengimplementasikan Alat Inovasi Corbuser. (suaramerdeka.com / dok PLN)
Tim Inovasi PLN UIT JBT melalui Gardu Induk Krapyak dan BSB menciptakan dan mengimplementasikan Alat Inovasi Corbuser. (suaramerdeka.com / dok PLN)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Tim PLN UIT JBT melalui Gardu Induk Krapyak & BSB menciptakan alat Inovasi Corbuser.

Hal ini dilakukan PLN guna mengoptimalkan performa trafo untuk mendukung keandalan penyaluran energi listrik khususnya pada wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Corbuser atau Cover for Zero Fault in Bushing, Connection Cable and Busbar Secondary Transformer 150/ 20 kV merupakan alat pelindung trafo.

Baca Juga: Dugong Punah di Tiongkok di Indonesia Masih ada ? Cek di Sini

Alat ini kemudian dipasang pada trafo jenis tertentu untuk memberikan perlindungan maksimal pada sisi sekunder trafo terhadap gangguan binatang dan benda asing, yang berpotensi menurunkan performa trafo.

Alat tersebut diciptakan oleh Tim Inovasi PLN UIT JBT yang beranggotakan Dhedhi Natalia (32), Dhimas Bagus P. (25) dan Ditya Pratomo (25) dan telah diimplementasikan pada Trafo 2 Gardu Induk 150 kV Bumi Semarang Baru (BSB) pada 21 November 2021 lalu.

Seperti diketahui, trafo yang terdapat dalam Gardu Induk tidak lepas dari risiko gangguan binatang seperti musang, tupai, kucing dan ular ataupun benda asing seperti sampah layang-layang yang terbang terbawa angin.

Baca Juga: Korban Tewas Banjir Pakistan Tembus 1.136 Orang Bantuan Internasional Datang

Binatang ataupun benda-benda asing tersebut dapat mengenai sisi sekunder trafo yang kemudian dapat mengakibatkan terjadinya hubung singkat yang berpengaruh pada performa keandalan trafo.

“Corbuser telah kami implementasikan pada November 2021 di Trafo 2 Gardu Induk 150 kV BSB dan hingga saat ini, tidak terjadi gangguan yang diakibatkan oleh binatang ataupun benda asing."

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pupuk Indonesia Go Global Lewat Ekspansi di Dubai

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:01 WIB
X