Ketersediaan Beras Nasional Aman, Mentan: Impor Beras dan PPN Sembako Umum Tidak Ada

- Sabtu, 10 Juli 2021 | 09:00 WIB
Beras Bulog (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Beras Bulog (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pemerintah memastikan tak akan ada impor beras karena ketersediaan beras nasional aman.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan, Pemerintah juga tidak akan memberlakukan pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap sembako umum yang dikonsumsi masyarakat.

“Impor beras dan PPN sembako umum itu tidak ada. Ini adalah pikiran-pikiran yang ada di sebagian pihak dan menjadi sebuah isu karena sampai sekarang ini pemerintah belum pernah merancang untuk kenaikan PPN sembako. Kalaupun itu ada pasti Menteri Pertanian tahu. Jadi jangan membuat petani resah,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Kementan (8/7/2021).

Baca Juga: Dolar Melemah dan Kekhawatiran Varian Delta Membuat Emas Menguat

Arahan Presiden  Joko Widodo (Jokowi) bahwa pemerintah tidak akan mengimpor beras, kembali ditegaskan Mentan.

“Presiden Jokowi pun sudah tegas mengatakan impor beras itu tidak ada. Bahwa boleh saja orang-orang melempar isu seperti itu. Dan bahkan Pak Presiden katakan dari mana rumor itu. Pemerintah tidak pernah membicarakan rencana impor beras dan kenaikan PPN sembako,”  ujarnya.

Lebih lanjut Syahrul menyampaikan sejumlah alasan tidak diperlukannya impor beras

Baca Juga: Layanan Telemedisin bagi Pasien Isolasi Mandiri, Begini Alurnya

Pertama, hingga saat ini Indonesia memiliki cadangan beras yang cukup banyak baik yang ada pada pengendalian langsung Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), penggilingan, dan pada penanganan pemerintah daerah (pemda).

Produksi beras pada masa tanam (MT) I Tahun 2021 sebesar 17,56 juta ton dan terdapat surplus pada Januari 2020 sebesar 7,39 juta ton.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X