Pupuk Kaltim Gandeng BRI Fasilitasi Pendanaan bagi Distributor Pupuk Non Subsidi

- Jumat, 9 Juli 2021 | 12:54 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok


JAKARTA, suaramerdeka.com - Untuk mendorong perkembangan industri pertanian dan perkebunan melalui ketersediaan pasokan pupuk secara nasional, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menghadirkan kemudahan bagi distributor dan pelanggan korporasi PKT dengan berkolaborasi bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Kolaborasi ini menyediakan fasilitas pendanaan Distributor Financing (DF) untuk produk pupuk non subsidi.

Direktur Keuangan dan Umum PKT, Qomaruzzaman mengungkapkan hadirnya fasilitas ini akan menjadi alternatif pembiayaan yang memudahkan pembelian pupuk non subsidi bagi distributor dan customer korporasi, serta menjamin ketersediaan pasokan pupuk bagi para petani yang merupakan end-user produk-produk pupuk PKT.

"Melalui program ini, distributor dapat membeli stok pupuk non subsidi yang dapat dibiayai terlebih dahulu oleh bank. Selanjutnya, bank akan menerbitkan jaminan pembayaran kepada PKT,” ujarnya saat sosialisasi DF Non Subsidi secara virtual, pada Kamis 8 Juli 2021.

Baca Juga: Dukung Ketersediaan Oksigen dan Rumah Sakit, PLN Jaga Listrik Andal dan Stabil

Menurutnya kerja sama eksklusif antara PKT dengan BRI akan mempermudah para distributor terdaftar mendapatkan layanan keuangan ini sesegera mungkin karena adanya sistem terdigitalisasi yang dimiliki oleh kedua perusahaan.

Qomaruzzaman menambahkan hadirnya program pendanaan bagi distributor ini juga merupakan upaya PKT dalam memperkuat kemampuan industri pupuk nasional, serta dalam menyediakan pasokan pupuk bagi sektor pertanian dan perkebunan yang menjadi bagian dari sektor kritikal di tengah pandemi.

Dalam sesi sosialisasi tersebut, Team Member BRI Muhammad Haeruddin juga turut memaparkan bahwa DF merupakan opsi pembiayaan berjangka bagi distributor PKT berdasarkan pembelian produk yang sifatnya kontinyu.

Fasilitas ini bersifat eksklusif bagi distributor PKT, yang bisa diakses secara full time dan disediakan melalui daring tanpa harus repot mengurus pendanaan secara fisik.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

14 Pilihan Sistem Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:29 WIB

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB
X