Dorong Lahirnya UMKM Baru, Grab dan OVO Perkenalkan Portal Informasi Satu Pintu

- Sabtu, 27 Agustus 2022 | 23:56 WIB
Grab dan OVO perkenalkan portal satu pintu bagi UMKM. (foto: dok Grab)
Grab dan OVO perkenalkan portal satu pintu bagi UMKM. (foto: dok Grab)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dalam semangat Hari UMKM Nasional 2022, Grab, dan OVO baru-baru ini memperkenalkan Solusi UMKM Terpadu di @GrabMerchantID.

Ini sebagai portal informasi satu pintu untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). berfokus pada tiga pilar utama.

Yaitu memberikan akses ke konsumen melalui digitalisasi, pusat informasi tentang izin dan sertifikasi, serta akses ke modal usaha.

Inisiatif Grab dan OVO ini adalah untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong lahirnya pelaku UMKM baru dan mempercepat adopsi digital pelaku usaha.

Baca Juga: Bersyukurlah 6 Zodiak Ini, Sukses di Bulan September 2022, Persoalan Tuntas dan Cuan Lancar

Solusi UMKM Terpadu di @GrabMerchantID disosialisasikan pada acara Kopdar UMKM Nasional di Gedung SMESCO Indonesia yang diikuti oleh sejumlah pemilik bisnis dan perwakilan komunitas UMKM (Indonesia Creative Cities Network, UKM Indonesia, Tangan di Atas dan Sahabat UMKM), serta dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, dan President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.

Alanda Kariza, penulis, aktivis dan pemilik usaha kuliner Bearrito, di sela-sela diskusi Kopdar UMKM Nasional mengatakan, akses ke modal usaha, kejelasan mengenai izin dan regulasi serta akses ke konsumen masih menjadi tiga kendala utama dalam mendirikan usaha baru atau bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha.

“Ketiga hal tersebut merupakan tantangan besar ketika saya baru memulai usaha sendiri. Kemudahan mengakses informasi terkait modal, peraturan dan bagaimana cara menggaet konsumen yang lebih luas sangatlah membantu bagi usaha kecil yang masih memiliki keterbatasan sumber daya,” jelas Alanda.

Sementara Fiki Satari, Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN) mengatakan, bahwa digitalisasi UMKM menjadi salah satu kunci pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Siap-siap Senang 3 Zodiak Ini, Bakal Diserbu Cuan Skala Besar, Bisa Buat Bayar Cicilan dan Hutang

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dekopin Konsisten Beri Pendampingan UMKM dan Koperasi

Sabtu, 19 November 2022 | 15:05 WIB

KADIN Binus Luncurkan Program Pendampingan UMKM

Sabtu, 12 November 2022 | 06:15 WIB

Bangkitkan UMKM Lokal Melalui Dana Bergulir

Senin, 31 Oktober 2022 | 08:08 WIB
X