Survei RISED : Tarif Ojol Naik, 53 Persen Masyarakat Akan Kembali Gunakan Kendaraan Pribadi

- Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:05 WIB
Ilustrasi ojek online (freepik/storyset)
Ilustrasi ojek online (freepik/storyset)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kenaikan tarif ojek online (ojol) yang segera berlaku akhir bulan ini masih menuai pro-kontra.

Besaran kenaikan yang berkisar 30-50 persen dinilai terlalu tinggi dan bisa membuat pelanggan ojol lari.

Ekonom RISED dari Universitas Airlangga Rumayya Batubara mengatakan, wacana kenaikan tarif ojol sebesar 30 hingga 50 persen akan berdampak terhadap pengurangan jumlah masyarakat yang menggunakan ojek online.

Baca Juga: Sugih Dunyo, Keinginan 8 Weton Berkalung Emas Ini Selalu Terkabul, Mudah Jadi Kaya Raya

Menurut dia, berdasarkan riset yang telah dilakukan kepada 1.000 pengguna ojol online di tiga wilayah zona yang akan mengalami kenaikan, terdapat 53,3 persen tersebut menyatakan akan kembali menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan ojek online.

"Dari 1.000 konsumen yang kita riset, sebanyak 53,3 persen responden menyatakan akan balik menggunakan kendaraan pribadi," ujarnya dalam diskusi Polemik Trijaya FM dengan topik 'Mencari Titik Tengah Polemik Kenaikan Tarif Ojek Online' yang dipantau secara virtual di Jakarta, Sabtu 27 Agustus 2022.

Rumayya melanjutkan, dari 53,3 persen responden tersebut menyatakan bahwa dengan adanya kenaikan tersebut akan membebani mereka jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Karunia Dewi Keberuntungan, 3 Shio Ini Anti Bangkrut! Bakal Dapat Cuan dan Diterjang Rezeki Deras

Sebelum adanya wacana kenaikan tersebut, 57 persen responden menyatakan dapat menghemat biaya pengeluaran mereka dalam memenuhi kebutuhan makanan sebesar Rp 11.000 hingga 40.000 per hari.

"Dari riset itu, kita tanya dengan menggunakan ojek apakah ada penghematan dalam kebutuhan makan? Dari 57 persen responden menyatakan mengalami penghematan biaya transportasi sebanyak Rp11.000 hingga 40.000 per hari jika dibandingkan hari berangkat sendiri," bebernya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X