KKP Upayakan Distribusi Ikan Selama PPKM Darurat Tidak Terganggu

- Kamis, 8 Juli 2021 | 22:07 WIB
Foto: news.kkp.id
Foto: news.kkp.id

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengingatkan pentingnya konsumsi ikan di tengah pandemi Covid-19.

Karenanya, KKP akan mengupayakan distribusi ikan tidak terganggu meski saat ini sedang PPKM Darurat.

Kementerian yang dipimpin oleh Menteri Kelautan dan Perikaman Sakti Wahyu Trenggono ini meminta kepala daerah yang menjalankan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tetap mengizinkan angkutan logistik perikanan.

Baca Juga: Menko Luhut Minta Tindak Tegas Oknum 'Nakal' yang Ganggu Ketersediaan Obat Covid-19

Melalui surat bernomor 4510/DJPDSPKP/VII/2021, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) mengajak gubernur dan bupati/walikota di beberapa wilayah Jawa dan Bali sesuai PPKM Darurat dapat memberikan akses di pintu keluar-masuk wilayah bagi kelancaran pengiriman dan distribusi hasil kelautan dan perikanan.

"Namun demikian, dalam pelaksanaan harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dan Standar Operasional Prosedur sebagaimana yang ditetapkan," kata Direktur Jenderal PDSPKP, Artati Widiarti saat menjelaskan surat untuk kepala daerah di Jakarta, Kamis 8 Juli 2021.

Asti juga memastikan pihaknya telah meminta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, Kabupaten/Kota di wilayah Jawa dan Bali untuk terus mendampingi pelaku usaha perikanan yang akan melaksanakan pengiriman dan distribusi hasil kelautan dan perikanan.

Tujuannya, kata Asti, agar mereka tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi ketentuan perjalanan sebagaimana aturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Usai Hajatan 88 Orang Positif Corona, Satu Desa di Wonosobo Jalani Isolasi Mandiri

Artati berharap, melalui upaya ini dapat menjaga ketersediaan ikan di pasar tradisional maupun modern. Terlebih saat kondisi #dirumahaja, masyarakat banyak memanfaatkan pasar online atau fitur e-commerce untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: KKP

Tags

Terkini

X