Start Up Masih Jadi Daya Tarik Bagi Investor

- Kamis, 8 Juli 2021 | 20:54 WIB
start up digital. Foto: Pixabay / Startupstockphotos (pixabay)
start up digital. Foto: Pixabay / Startupstockphotos (pixabay)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pendanaan terhadap start up dinilai menunjukkan tren yang menggembirakan. Sejalan dengan itu, sejumlah layanan inovasi yang ditawarkan perusahaan rintisan tersebut diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat.

Hal itu terekam dari kegiatan "Bandung Startup Pitching Day 2021". Upaya yang dilakukan antara lain mulai dari sektor transportasi pertanian, kesehatan, seni dan desain, pembiayaan, hingga pembayaran pajak dengan peserta sebanyak 45 start up.

Dari sejumlah tawaran tersebut, tim kegiatan SBM ITB berkolaborasi dengan LPIK ITB, Startup Bandung, Xendit, Startup Grind Bandung, Geek Hunter dan Block71 itu menetapkan 5 di antaranya sebagai yang terbaik seperti secara berani, Kamis (8/7).

Baca Juga: Penurunan Mobilitas Kota Semarang Tertinggi di Masa PPKM Darurat

Kelima start up tersebut adalah untuk kategori paling inovatif yakni Pertiwi (kebutuhan wanita), best pitch, Allure AI (kecantikan teknologi), Ecoplast ID paling berdampak, (pengemasan), most marketable : Tujju (layanan lokalisasi media), best Digiflux (platform influencer marketing), hingga Fammi di bidang pendidikan belajar berani.

Menurut Direktur The Greater Hub SBM ITB, Dr Dina Dellyana, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan peluang bagi startup yang siap tumbuh lebih cepat, memfasilitasi startup yang membutuhkan dukungan dana untuk perkembangan bisnisnya.

"Bukan hanya itu, kegiatan ini dirancang sebagai platform pembelajaran untuk para pemuda, dunia startup, dan wirausaha baru. Apalagi kegiatan tahunan ini juga sekaligus ajang networking antara sesama startup, modal ventura, tamu undangan, dan masyarakat luas yang memiliki ketertarikan dengan startup, " katanya.

Baca Juga: PPKM Darurat, Kejurnas Atletik Jateng Terbuka Batal Digelar

Mereka juga mempertemukan startup terbaik yang telah lolos seleksi administrasi dengan para investor sehingga diharapkan startup tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik.

Lebih dari itu, kegiatan tahunan juga dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan ekosistem startup selain dari sumber daya namun akses terbatas, serta sebagai ajang eksposur terkait potensi para startup. Thegreaterhub SBM ITB sendiri berdiri sejak tahun 2016 dan telah menginkubasi 245 startup.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB

4 Smartphone Realme Diperkenalkan di Yogyakarta

Rabu, 10 November 2021 | 17:43 WIB
X