Disperkim Jawa Tengah Pacu Akselerasi Hunian Layak Huni. Kelompok MBR Jadi Fokus Prioritas Tahun Ini.

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 18:34 WIB
Simbolis penandatanganan akad simbolis akad kredit kepemilikan rumah salah satu debitur Bank BTN  di Batursari Demak, Kamis (25/8). Akselerasi  hunian layak dan terjangkau terus dilakukan Pemprov Jawa Tengah bersama stakeholder terkait.
Simbolis penandatanganan akad simbolis akad kredit kepemilikan rumah salah satu debitur Bank BTN di Batursari Demak, Kamis (25/8). Akselerasi hunian layak dan terjangkau terus dilakukan Pemprov Jawa Tengah bersama stakeholder terkait.

SEMARANG, suaramerdeka.com- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong percepatan hunian layak dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.

Akselerasi pembangunan perumahan ini berkolaborasi dengan pemerintah pusat, kabupaten/kota, pengembang, CSR, Baznas maupun komunitas.

Selain itu perumahan subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) juga jadi salah satu fokus percepatan tahun ini.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah Arief Djatmiko mengungkapkan, sasaran perumahan subsidi bagi MBR bisa melalui berbagai skema.

Baca Juga: Stres Gagal Terus Diet Ketat, Coba Ganti Cara Makan Dengan Mata Tertutup. Ternyata Ini Alasannya

Mulai dari pembiayaan murah perbankan berupa Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (PB2BT).

Selain itu juga program khusus pembiayaan kepemilikan rumah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) berupa Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang dapat digunakan untuk KRR, KPR dan KBR.

Pemprov juga memfasilitasi pembangunan rumah sederhana sehat untuk  masyarakat tidak mampu berbasis komunitas dan mandiri memanfaatkan teknologi RUSPIN (Rumah Unggul Sistem Panel Instan).

"Jadi RUSPIN merupakan teknologi unggul cepat dibangun karena dirakit, kekuatan struktur, luasan dan dapat melibatkan masyarakat dalam perakitannya," kata Arief di sela rangkaian Hari Perumahan Nasional 2022, Kamis 25 Agustus 2022.

Baca Juga: 5 Zodiak Bakal Dilimpahi Keberuntungan Akhir Agustus ini. Si Taurus Hoki Banget Siap-siap Tajir Melintir

Halaman:

Editor: Modesta Fiska

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X