PLN UPT Semarang Optimalkan Keandalan Penyaluran di Gardu Induk Kaliwungu

Red
- Selasa, 6 Juli 2021 | 12:33 WIB
PT PLN melakukan pemeliharaan dan penggantian Peralatan Pemutus Tenaga (PMT) di Gardu Induk 150 KV Kaliwungu. (suaramerdeka.com / dok)
PT PLN melakukan pemeliharaan dan penggantian Peralatan Pemutus Tenaga (PMT) di Gardu Induk 150 KV Kaliwungu. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - PT PLN (Persero) berkomitmen untuk terus  menjaga keandalan energi listrik.

Salah satu bentuk upayanya adalah melakukan optimalisasi infrastruktur kelistrikan dengan melakukan pemeliharaan dan penggantian Peralatan Pemutus Tenaga (PMT) di Gardu Induk 150 KV Kaliwungu dalam waktu 2 hari, lebih cepat dari rencana.

Gardu Induk 150 KV Kaliwungu merupakan salah satu penyuplai energi listrik pada Konsumen Tingkat Tinggi (KTT) yang berada di wilayah kerja PLN UPT Semarang.

Yakni, PT Asia Pasific Fiber, salah satu industri terbesar di Provinsi Jawa Tengah yang bergerak di bidang produksi benang.

Baca Juga: Aset Kripto Bukan Alat Pembayaran, Ini Penjelasan Wamendag

"Jika terjadi kedip saja, dapat berpengaruh pada kegagalan proses produksi benang, sehingga, keandalan penyaluran energi listrik kepada industri tersebut harus kami jaga dan optimalkan," terang Manager UPT Semarang, Titi Murdiyati.

Adapun pekerjaan penggantian PMT bertujuan untuk mengoptimalkan performa peralatan tersebut, yang berfungsi sebagai pemutus dan penghubung tegangan pada instalasi listrik.

Seiring waktu dan pengoperasian, setiap peralatan akan mengalami penurunan performa serta muncul anomali yang berpotensi menimbulkan kerusakan bahkan gangguan, yang berdampak pada keandalan penyaluran tenaga listrik.

Baca Juga: PPKM Darurat Diberlakukan, Digitalisasi UMKM Semakin Mendesak

Jadi, sebagai bentuk pencegahan, dilakukan pekerjaan penggantian PMT tersebut.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga, Emas Merangkak Naik

Kamis, 23 September 2021 | 08:12 WIB
X