PPKM Darurat Diterapkan, Sandiaga Uno: Tantangan untuk Menghadirkan Kebijakan Tepat Sasaran

- Senin, 5 Juli 2021 | 11:27 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Humas Setkab/Agung)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Humas Setkab/Agung)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Melonjaknya kasus Covid-19 memicu pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Darurat saat ini.

Kebijakan tersebut pun kembali menutup seluruh sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), terhitung mulai dari tanggal 3-20 Juli 2021 mendatang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno menuturkan, hal ini merupakan pukulan telak bagi sektor parekraf yang kini mulai kembali bangkit.

"Sektor ini lagi betul-betul menghadapi satu tantangan yang sangat-sangat berat dan turbulensi ini dihadapi oleh sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, memang sebelumnya pernah. Tapi tidak pernah se-uncertainty (ketidakpastian), se-kompleks dan seberat ini," ungkap Sandiaga Uno pada Sabtu (3/7/2021).

Baca Juga: Dukung PPKM Darurat, Kemenkeu Percepat Pencairan Anggaran BLT Rp 28,8 Triliun

"Sehingga kita memang harus memberikan perhatian lebih kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan. Karena ada lebih dari 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan penghidupannya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tambahnya.

Penerapan PPKM Darurat diharapkannya dapat dipatuhi oleh seluruh masyarakat, khususnya pelaku usaha parekraf.

Alhasil, seluruh program kerja pemulihan sektor parekraf, termasuk penyaluran dana hibah dapat dikebut pasca PPKM darurat.

Baca Juga: PPKM Darurat: Artos Mall Hentikan Operasional, Sejumlah Tenant Tetap Melayani

"Jadi tantangannya gimana kita, Kemenparekraf bisa menghadirkan kebijakan yang tepat manfaat, tepat sasaran dan tepat waktu," ungkap Sandiaga Uno.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kinerja PT KIW Tetap Positif di Masa Pandemi

Jumat, 17 September 2021 | 20:07 WIB

Data Ritel AS Menguat, Harga Emas Berjangka Menurun

Jumat, 17 September 2021 | 08:12 WIB

Transaksi Fisik Pasar Timah Melonjak

Kamis, 16 September 2021 | 22:29 WIB
X