PPKM Darurat Diberlakukan, PHRI: Restoran Andalkan Pesan Antar Tak Akan Mampu Bertahan

Red
- Sabtu, 3 Juli 2021 | 14:56 WIB
ES CAO PECINAN : Penampilan es cao pecinan yang dapat dinikmati di Restoran Semarang. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)
ES CAO PECINAN : Penampilan es cao pecinan yang dapat dinikmati di Restoran Semarang. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Sekretaris Jendral PHRI Pusat Maulana Yusran mengungkapkan, restoran dan rumah makan yang harus mengandalkan layanan take away dan pesan antar secara daring, tidak akan bisa bertahan di masa PPKM darurat Jawa Bali yang dimulai pada 3-20 Juli.

Salah satu poin dari kebijakan PPKM darurat adalah termasuk yang berada di mal, hanya boleh menerima pesan antar (delivery) atau makanan dibawa pulang (take away), tidak diizinkan untuk makan di dalam restoran (dine in).

"Tidak bisa (mengandalkan pesan-antar saja), karena tubuh dari restoran bukan cuma kebutuhan makan dan minum, tapi adalah adanya aktivitas di lingkaran tempat restoran itu berada," kata Yusran seperti dikutip dari Antara, Sabtu 3 Juli.

Lebih lanjut, ia memberikan contoh restoran yang terletak di sekitar perkantoran. Jika perkantorannya aktif, maka restoran itu akan ada pergerakan dan bisa bertumbuh.

Baca Juga: Unai Simon Pahlawan bagi Luis Enrique

"Kalau tidak ada yang bekerja (di lingkungan perkantoran tersebut), tentu aktivitas makan-minum di sana tidak laku buat mereka (restoran/rumah makan/kafe)" jelasnya.

Pun dengan restoran yang berada di mal. Yusran mengatakan, keberadaan restoran di mal adalah untuk melengkapi aktivitas pengunjung yang mampir dan berbelanja di toko-toko retail yang berada di mal tersebut.

"Jadi, tubuh restoran bukan cuma untuk makan dan minum. Jika mereka (restoran) yang dulu sangat mengandalkan dine in diubah ke delivery atau take away, tidak serta-merta bisa langsung mengganti, menerima online tersebut," kata dia.

Baca Juga: 50 Ribu Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan Kawal Penegakan PPKM Darurat 

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X