Presiden Joko Widodo Minta Kadin Pusat dan Daerah Ajak UMKM Masuk ke Ekosistem Digital

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:25 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberikan arahan untuk Kadin se-Indonesia di Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2022. (Suaramerdeka.com/tangkapan layar youtube Kadin Indonesia)
Presiden Joko Widodo saat memberikan arahan untuk Kadin se-Indonesia di Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2022. (Suaramerdeka.com/tangkapan layar youtube Kadin Indonesia)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kadin Provinsi se-Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Selasa, 23 Agustus 2022.

Dalam arahannya Presiden Joko Widodo mengajak Kadin untuk terus optimis di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Presiden Joko Widodo juga mengajak Kadin pusat dam daerah untuk mengajak UMKM masuk ke ekosistem digital.

Baca Juga: Dilindungi Dewi Fortuna, Rezeki dan Cuan 6 Zodiak Ini Datang Berduyun-duyun, Bikin Saldo Membengkak

Saat ini UMKM yang sudah masuk ekosistem digital ada 19 juta tapi hal itu menurut Presiden masih kecil dari total 64 juta UMKM.

"Ajak mereka semuanya kemudian juga ajak mereka untuk masuk ke e-katalog sama produk-produk unggulan yang ada di provinsi semuanya bisa ikut berpartisipasi," katanya.

Menurutnya untuk masuk ke e-katalog sangat mudah dan berbeda dari satu tahun yang lalu, mulai dari sistem, platform semuanya disederhanakan.

Baca Juga: Bisikan Dewa Langit, Rezeki dan Cuan 3 Zodiak Bakal Terus Mengalir, di Antaranya Anda?

Jika semuanya masuk ekosistem digital, lanjut Joko Widodo pembelian produk-produk dalam negeri sebanyak-banyaknya untuk proyek yang didanai dari APBN maupun BUMN bisa menggunakan produk lokal UMKM.

"Sangat lucu sekali APBN yang kita peroleh dari pajak dari PNPB dari royalti, masuk APBN kemudian keluar sebagai belanja pemerintah yang dibeli barang impor, waduh bodoh amat kalau kita terus teruskan seperti itu," ucapnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dekopin Konsisten Beri Pendampingan UMKM dan Koperasi

Sabtu, 19 November 2022 | 15:05 WIB

KADIN Binus Luncurkan Program Pendampingan UMKM

Sabtu, 12 November 2022 | 06:15 WIB
X