TMII Resmi Dikelola TWC 25 Tahun ke Depan, Diharapkan jadi The Ultimate Showcase of Indonesia

Red
- Kamis, 1 Juli 2021 | 19:03 WIB
Pentas Duta Seni Ketoprak Batang saat menggelar adegan cerita Den Bagus Bahu Banteng di TMII Jakarta. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
Pentas Duta Seni Ketoprak Batang saat menggelar adegan cerita Den Bagus Bahu Banteng di TMII Jakarta. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke depan akan dikelola oleh PT Taman Wisata Candi (PT TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) bersama Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Penandatangan perjanjian KSP TMII dilakukan oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama dan Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono. Disaksikan juga Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan perwakilan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Terpilihnya TWC merujuk Peraturan Perundang-undangan, di mana perusahaan merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pengembangan pariwisata. Dalam perjanjiannya, pengelolaan TMII dilaksanakan sepanjang 25 tahun terhitung sejak 1 Juli 2021.

Baca Juga: PPKM Darurat Diberlakukan: Ridwan Kamil: Maaf, Situasinya Bakal Tak Nyaman

Kerja sama itu juga menyepakati kewajiban Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berupa kontribusi tetap dan kontribusi berdasarkan proporsi pembagian keuntungan. Dengam begitu, ke depan pengelolaan TMII diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan pada pendapatan negara.

Kemensetneg mengharapkan TWC melakukan sinergi untuk membangun potensi TMII agar menarik lebih banyak wisatawan. Termasuk, menjadikan masukan atau aspirasi masyarakat sebagai salah satu dasar pengembangan TMII yang lebih baik ke depan.

Selanjutnya, transformasi TMII ke depan diarahkan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada secara optimal. Dengan begitu, TMII dapat membawa kemanfaatan bagi publik, utamanya sebagai wahana menuangkan inovasi dan kreatifitas, serta menjadikan TMII sebagai The Ultimate Showcase of Indonesia.

Baca Juga: Stok Oksigen Menipis: Alhamdulillah, RSI Banjarnegara Dibantu Pedagang Ikan

“Bagaimana kita bisa mengembalikan keindahan kebhinnekaan Indonesia, kekayaan kebudayaan Indonesia, dan keindahan alamnya Indonesia melalui TMII sebagai The Ultimate Showcase of Indonesia,” ujar Pratikno dalam sambutannya, Kamis (1/7).

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X