Dukung UMKM, PLN Salurkan Dana TJSL

Red
- Jumat, 25 Juni 2021 | 19:07 WIB
warga pegiat umkm (sm/dok)
warga pegiat umkm (sm/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebagai wujud komitmen PLN dalam memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia, PLN terus mendorong pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bangkit di tengah pandemi Covid 19.

Ini diwujudkan dalam Program Indonesia Terang, UMKM Bangkit yang diinisiasi oleh PLN Pusat. PLN UITJBT, sebagai unit pengelola transmisi di Wilayah Provinsi Jawa Tengah, DIY dan sebagian Jawa Barat mendukung program tersebut dengan menyalurkan dana bantuan TJSL periode Maret sd Juni 2021 kepada 6 Kelompok UMKM yang tersebar di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Adapun total dana bantuan yang disalurkan sebanyak Rp 265 juta, untuk bantuan pelatihan, peralatan usaha dan pembinaan UMKM agar naik kelas.

Baca Juga: Ngeyel Langgar UU Ketenagakerjaan, Direktur Perusahaan Asal Korea Diseret ke Pengadilan

Untuk Wilayah Jawa Tengah, PLN UITJBT menyalurkan kepada 4 Kelompok UMKM yaitu Kopi Kalisidi (Kab. Semarang), UMKM Kampung Batik Bergas (Kab. Semarang), UMKM Forest Migunani (Kab. Magelang) dan UMKM Sidoluhur Berkah Furniture (Kab. Kebumen).

Sementara untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, disalurkan kepada 2 UMKM yaitu UMKM Chikal Rasa (Bogor) dan UMKM Ancak Tahu (Kab. Sumedang).

Adapun penyerahan bantuan ini sebagai dukungan PLN kepada pelaku UMKM agar dapat bertahan ditengah situasi sulit akibat pandemi Covid 19. Pasalnya, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi bangsa yang harus dipertahankan keberadaanya sebagai ujung tombak perekonomian.

Baca Juga: Cuaca Tidak Menentu, Waspada Penyebaran Flu Burung

"Program TJSL PLN UITJBT untuk mendukung pengembangan UMKM diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi mikro, kecil dan menengah, serta memberikan penguatan pendapatan ekonomi masyarakat yang nantinya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan. Harapannya, mereka mampu bertahan dalam melewati masa-masa sulit pandemi ini," terang General Manager PLN UIT JBT, Sumaryadi.

Seperti yang dituturkan oleh Dimas Prayitno, Pembina Usaha Kopi Kobuka Kalisidi yang berlokasi di Desa Kalisidi, Kab. Semarang, bahwa bantuan dari PLN sangat bermanfaat untuk pengembangan usahanya, terutama dalam hal pengembangan peralatan usaha.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Ganjar Melapak, UMKM Kembali Tersenyum

Sabtu, 20 November 2021 | 11:24 WIB

32.620 Debitur di Magelang Terima Pinjaman Ultra Mikro

Minggu, 14 November 2021 | 21:30 WIB
X