DAK Lingkungan Nonfisik Dibutuhkan untuk Peningkatan Kapasitas Masyarakat

- Kamis, 24 Juni 2021 | 10:48 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya. (suaramerdeka.com / dok)
Menteri LHK, Siti Nurbaya. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramedeka.com  - Dalam rapat kerja dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Komisi IV DPR RI menyoroti tentang Dana Alokasi Khusus (DAK) di Bidang LHK pada DAK Fisik dan DAK Non-fisik, yang rata-rata hanya teralokasi 0,3-0,4 persen dari DAK APBN setahun.

Menu baru DAK bidang LHK akan direkomendasikan kepada Badan Anggaran, sehingga cakupan penanganan di tingkat tapak menjadi lebih luas.

Menteri LHK Siti Nurbaya pun menyatakan gembira atas dukungan Komisi IV untuk dukungan DAK.

Pasalnya, urusan tentang aspek lingkungan, di satu sisi merupakan urusan/kewenangan wajib daerah. Namun di sisi lain bersifat cost centre, daerah sulit untuk alokasikan dari APBD-nya.

Baca Juga: Usulan Presiden Tiga Periode, Pengamat: Jangan Cederai Demokrasi

Apalagi, Dinas LHK di daerah umumnya bukan Dinas Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) kelas satu, serta tidak mendatangkan atau generating pendapatan daerah. Jadi, tidak akan mudah DPRD akan meloloskan persetujuan anggaran.

“Oleh karenanya, dukungan DAK menjadi sangat penting. Ketika kita menyatakan bahwa masalah lingkungan semakin berat dan serius, maka DAK dari pemerintah pusat bagi daerah menjadi sangat penting dan seharusnya masalah lingkungan menjadi prioritas,” terang Menteri Siti Nurbaya.

DAK lingkungan non fisik dibutuhkan untuk program peningkatan kapasitas masyarakat. Selain itu, DAK untuk program-program unggulan Pemerintah, antara lain Perhutanan Sosial, RHL, Peningkatan Ekonomi Sirkular Pengelolaan Sampah dan Limbah, Ekoriparian, serta IPAL.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Anak, Angka 12,5 Persen Persoalan Serius

Guna memudahkan evaluasi sesuai fungsi parlemen, Komisi IV DPR juga meminta daftar prioritas kerja setiap unit eselon I.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Optimis Konsisten, Tren Kiprah Investor Muda Melambung

Minggu, 17 Oktober 2021 | 06:40 WIB

KPR Danamon Raih Properti Indonesia Award 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:12 WIB
X