Desa Wisata Diharapkan Jadi Lokomotif Perkembangan Ekonomi

- Senin, 21 Juni 2021 | 18:55 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. SM/Dok. Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. SM/Dok. Kemenparekraf

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berharap desa wisata di seluruh Indonesia bisa menjadi lokomotif perkembangan ekonomi.

Sandiaga menuturkan pengembangan desa wisata di Indonesia ini menggunakan tiga platform utama Kemenparekraf yaitu inovasi, dengan pendekatan 360 derajat dan big data, adaptasi melalui penerapan protokol CHSE dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder.

“Harapan saya, desa-desa wisata ini mampu menjadi lokomotif dalam meningkatkan perekonomian dan menyejahterakan masyarakat sekitar. Karena, tidak hanya kita berfikir mengenai profit atau keuntungan saja, tetapi juga ekonomi, lingkungan, sosial, dan budaya,” katanya dalam webinar Desa Wisata – Desa Kreatif Sumatera Selatan, secara daring, di Jakarta, Minggu 20 Juni 2021.

Baca Juga: Siapkan Armada, Petugas Antar-Jemput Warga Lansia, Percepat Vaksinasi Covid-19

Sandiaga menjelaskan untuk mendukung pencapaian RPJMN 2020 – 2024 dalam rangka pembangunan 244 desa wisata, Kemenparekraf/Baparekraf memberikan pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia.

Selain itu juga peningkatan kompetensi dari aspek wirausaha melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia, serta Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2021 yang dianggarkan kurang lebih Rp60 miliar.

Baca Juga: Wali Kota Semarang, Hendrar PrihadiHendi Tarik Rem, Kasus Covid-19 Meningkat 700 Persen

“Konsep pengembangan desa wisata yang kami dorong secara holistik yakni berbasis budaya, berbasis alam, berbasis buatan. Kuncinya 3A atraksi, aksesibilitas, dan amenitas, serta branding, advertising, dan selling" ujarnya.

"Jadi saya suka mengajak beberapa influencer nasional maupun lokal, sehingga desa desa wisata tersebut juga bisa menciptakan konten-konten kreatif,” jelasnya.

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Optimis Konsisten, Tren Kiprah Investor Muda Melambung

Minggu, 17 Oktober 2021 | 06:40 WIB

KPR Danamon Raih Properti Indonesia Award 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:12 WIB
X