BPR Bisa Yuk Salurkan KUR Seperti Bank Umum! Begini Kata OJK

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:16 WIB
Ilustrasi penyaluran KUR oleh BPR yang terus didorong. (suaramerdeka.com/foto pixabay)
Ilustrasi penyaluran KUR oleh BPR yang terus didorong. (suaramerdeka.com/foto pixabay)

SEMARANG, suaramerdeka.com- Kesempatan untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) bagi bank perkreditan rakyat (BPR) terus didorong.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jawa Tengah dan DIY pun terus mendorong pelaku BPR, untuk ikut menyalurkan KUR kepada pelaku usaha agar roda ekonomi terus bergeliat.

Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY Aman Santosa mengatakan pihaknya sudah membuka kesempatan kepada BPR untuk ikut menyalurkan KUR sama dengan perbankan pada umumnya.

''Selama ini memang didominasi perbankan umum, kami terus mendorong BPR bisa ikut serta menyalurkan KUR,'' kata Aman di Semarang, belum lama ini.

Baca Juga: BNI Akselerasi Penyaluran KUR Sektor Pertanian. Pedagang Bawang Merah dan Sayuran Ikut Kebagian

Saat ini proses penyatuan sistem di masing-masing BPR dengan sistem di Kementerian Keuangan yakni Sistem Informasi Kebijakan Pemerintah (SIKP) masih dilakukan.

''Agar bisa kembali bersemangat memulai usaha kembali, bisa mengakses pinjaman murah nanti kalau sudah naik level bisa mengakses KUR begitu juga kalau sudah naik lagi pinjam kredit komersial,'' imbuhnya.

Bunga yang diberikan dari KUR BPR diserahkan masing-masing tetapi dibebankan kepada masyarakat maksimal enam persen. Sedangkan selisihnya disubsidi pemerintah.

"Saat ini baru ada satu BPR di Jawa Tengah yang telah memberikan KUR kepada masyarakat. Namun kalau dari satu ini sudah berhasil akan menjadi contoh dan BPR lainnya tentu mengikuti," jelasnya.

Baca Juga: KUR di Jateng Tersalur hingga Rp 27,08 Triliun. Mana Wilayah Tertinggi?

Halaman:

Editor: Modesta Fiska

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dekopin Konsisten Beri Pendampingan UMKM dan Koperasi

Sabtu, 19 November 2022 | 15:05 WIB

KADIN Binus Luncurkan Program Pendampingan UMKM

Sabtu, 12 November 2022 | 06:15 WIB
X