Airlangga Tegaskan Inflasi Indonesia Masih Terkendali karena Shock Absorber

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 07:15 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2022. (suaramerdeka.com / dok Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2022. (suaramerdeka.com / dok Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Inflasi di Indonesia masih cukup terkendali di tengah tantangan peningkatan inflasi berbagai negara.

Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) Airlangga Hartarto mengatakan, tantangan pengendalian inflasi muncul akibat disrupsi rantai pasok maupun kenaikan harga komoditas sebagai imbas kondisi geopolitik global.

Airlangga mengaku, tekanan inflasi juga terjadi di Indonesia setelah berhasil mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Intai Asmara Zodiak Hari Ini 19 Agustus 2022: Aries Temukan Cinta, Gemini Keras Kepala, Hubungan Taurus?

“Terkendalinya inflasi kita saat ini salah satunya karena langkah kebijakan APBN mempertahankan harga energi domestik (shock absorber),” tutur Airlangga usai Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2022 dengan tema “Sinergi Untuk Stabilisasi Harga dan Ketahanan Pangan Nasional”, Kamis, 18 Agustus 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan, TPIP dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berupaya terus melakukan berbagai program dan kebijakan pengendalian inflasi yang adaptif dan inovatif.

Menurutnya, TPIP dan TPID telah melaksanakan berbagai program kebijakan dalam kerangka 4K, yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif.

Baca Juga: Mukjizat Jumat Berkah, Selamat! 7 Zodiak Ini Raih Keberuntungan dari Berbagai Aspek, Rezeki Mengikuti

Hal ini sebagai upaya menjaga stabilitas harga dan menjaga daya beli masyarakat.

Airlangga menegaskan, pemerintah memastikan ketersediaan pasokan pangan dengan tetap menjaga cadangan beras pemerintah CBP di Bulog di level 1 sampai 1,5 juta ton.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSI Dorong Pembiayaan Gadai Emas dan Cicil Emas

Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:12 WIB

Resesi 2023 dan Situasi Tekanan Cash is The King

Kamis, 29 September 2022 | 14:10 WIB

BPR Arto Moro Terima Penghargaan Infobank Award 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 14:23 WIB
X