Pelaku UMKM Kluster Lidah Buaya Dikenalkan Dosen ISI Surakarta Terkait Packaging

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 05:00 WIB
Basnendar Herry Prilosadoso mengisi materi packaging untuk UMKM Kluster Lidah Buaya. (suaramerdeka.com / dok)
Basnendar Herry Prilosadoso mengisi materi packaging untuk UMKM Kluster Lidah Buaya. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com - Bank Jateng cabang Surakarta menggelar Pelatihan Bagi Pelaku UMKM Kluster Lidah Buaya dari Kelurahan Joglo, Solo hingga 19 Agustus 2022.

Salah satu sesi adalah penyampaian materi seputar pengenalan packaging, seputar branding dan desain kemasan, Rabu, 10 Agustus 2022 

Pemateri adalah Basnendar Herry Prilosadoso, S,Sn., M.Ds selaku co founder Komunikotavisual yang juga dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta diikuti sekitar 20an keseluruhan peserta.

Para pelatihan dengan antusias berdiskusi dan bertanya seputar bagaimana desain kemasan yang sesuai dengan produk UMKM, atau warna dalam kemasan yang menggugah selera untuk produk kuliner serta pertanyaan yang lain menjadikan pelatihan ini menjadi seru yang diformat santai.

Baca Juga: Ajib Bener! 5 Zodiak Ini Punya Tangan Emas, Mudah Dapat Uang, Siap-siap Kaya Raya

Beragam makanan olahan dan produk sebagai hasil produksi pelaku UMKM lluster Lidah Buaya dari Kelurahan Joglo, Solo di-review untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing produk tersebut.

Beragam UMKM dari yang sudah berjalan sampai yang baru memulai usaha dengan antusias mengikuti sesi materi pelatihan Branding dan Packaging (Kemasan) dengan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi yang mayoritas dihadiri oleh perempuan.

Menurut Basnendar, melalui pelatihan ini diharapkan UMKM bisa berdaya dan meningkat usahanya untuk bangkit kembali berwirausaha khususnya kluster produk Lidah Buaya di wilayah Kelurahan Joglo, Surakarta.

Baca Juga: Istimewa Pake Banget! Rezeki dan Keberuntungan 3 Shio Ini Awet hingga Akhir Agustus 2022

"Selain itu, kegiatan ini wujud berjejaring dan kerjasama antara pihak swasta dan perguruan tinggi dalam berupaya meningkatkan UMKM," kata Basnendar.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

XL Axiata Pacu Akselerasi Digitalisasi UMKM Perempuan

Kamis, 25 Agustus 2022 | 09:32 WIB
X