Gernas BBI Diarahkan Persiapkan Transformasi Ekonomi Menuju Digitalisasi

- Sabtu, 19 Juni 2021 | 13:23 WIB
Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM

JAKARTA, suaramerdeka.com – Selain mendorong para pelaku UMKM untuk Go Digital, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) juga diarahkan untuk mempersiapkan transformasi ekonomi menuju digitalisasi.

Oleh sebab itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan bahwa penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi menjadi hal paling mendasar dan mutlak untuk dipenuhi.

Pembangunan infrastruktur tersebut terus dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) hingga ke seluruh penjuru Tanah Air.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Nilai TKDN 43,4 Persen pada 2020, Kuatkan Industri dalam Negeri

Dengan adanya jaringan koneksi internet, ujar Wapres, maka akses untuk memasuki ekosistem digital bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM, akan terbuka lebar

“Diharapkan pada tahun 2023, seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet. Keterbukaan akses digital ini diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi karya dan kreasi lokal karena lahan bisnisnya mampu menembus pasar nasional dan bahkan pasar global.”

“Di situlah letak nilai strategis dari transformasi ekonomi melalui digitalisasi yang merupakan salah satu prioritas pemerintah,” tuturnya.

Baca Juga: KPPA: Pemberian Susu Kental Manis Berpotensi Langgar Hak Anak

Wapres pun mendorong para pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan berbagai platform digital yang ada untuk mendukung usaha yang dijalankan.

“Dalam era digital ini, UMKM juga harus memanfaatkan platform digital termasuk media sosial untuk mendukung perkembangan usahanya, serta mempermudah akses pada pembiayaan, distribusi, dan pemasaran produknya,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Ganjar Melapak, UMKM Kembali Tersenyum

Sabtu, 20 November 2021 | 11:24 WIB

32.620 Debitur di Magelang Terima Pinjaman Ultra Mikro

Minggu, 14 November 2021 | 21:30 WIB
X