Tak Hanya Torehkan Prestasi Olahraga, 11th ASEAN Para Games 2022 di Solo Juga Dongkrak UMKM Lokal

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:23 WIB
Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka di tengah para driver ojol (foto: dok Grab)
Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka di tengah para driver ojol (foto: dok Grab)

SURAKARTA, suaramerdeka.com - Perhelatan 11th ASEAN Para Games 2022 di Solo membawa kebanggaan tersendiri bagi Indonesia sebagai tuan rumah yang berhasil menjadi juara umum.

Dengan perolehan total 426 medali. 175 medali emas, 144 medali perak, dan 107 medali perunggu.

Pesta olahraga penyandang disabilitas terbesar di Asia Tenggara ini menjadi ajang bagi para atlet disabilitas untuk mengharumkan nama bangsa dan juga memberikan inspirasi dengan torehan prestasi di level internasional.

''Indonesia telah sukses dengan pencapaian raihan 175 medali emas, ini adalah perolehan medali emas terbesar sepanjang keikutsertaan Indonesia di ASEAN Para Games pertama pada 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia. Terima kasih kepada para atlet yang telah bekerja keras dan melampaui target awal perolehan medali emas yaitu dari 104 yang dijanjikan menjadi 175 medali emas,'' tutur Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali dalam pidatonya di Upacara Penutupan 11th ASEAN Para Games di Stadion Manahan, baru-baru ini.

Baca Juga: Bahagianya 4 Zodiak Ini, Diikuti Rezeki dan Cuan Bikin Gemuk Saldo Deposito

Keberhasilan dirasakan oleh semua atlet yang berlaga di ajang ini. Mereka merasa bangga dan berterima kasih atas dukungan masyarakat.

''Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungannya. Saya bangga menjadi salah seorang atlet asal Papua yang dapat berlaga lewat cabang olahraga Boccia bersama atlet nasional lainnya. Ini merupakan pengalaman pertama saya berlaga di ajang internasional membawa nama Indonesia. Saya ingin berpesan kepada seluruh teman-teman penyandang disabilitas agar jangan pernah cepat putus asa karena di balik kekurangan yang kita miliki terdapat kelebihan yang diberikan oleh Sang Pencipta. Terima kasih juga kepada Grab dan OVO yang telah menjadi salah satu sponsor ASEAN Para Games 2022 dan memberikan dukungan bagi kami penyandang disabilitas,'' ujar Atlet Boccia, Rexus Ohee.

Selain selebrasi bagi atlet penyandang disabilitas yang jadi bukti dalam lampaui batas, gelaran ASEAN Para Games ke-11 di Solo ini turut berkontribusi dalam dongkrak UMKM lokal.

Termasuk di bidang kriya, kuliner, hingga industri kreatif.

Baca Juga: Berbahagialah 5 Zodiak Ini, Akan Mendapatkan Rezeki dan Cuan Besar di Akhir Bulan, Mungkin di Antaranya Anda?

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

XL Axiata Pacu Akselerasi Digitalisasi UMKM Perempuan

Kamis, 25 Agustus 2022 | 09:32 WIB
X