Pertamina Latih Kelompok Ternak Manfaatkan Biogas Sebagai Bahan Bakar Rumah Tangga

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:24 WIB
Program Desa Energi Berdikari Pertamina dengan melatih Kelompok Tani Ternak JSN Cengkir Gading soal biogas. (suaramerdeka.com / dok Pertamina)
Program Desa Energi Berdikari Pertamina dengan melatih Kelompok Tani Ternak JSN Cengkir Gading soal biogas. (suaramerdeka.com / dok Pertamina)

BOYOLALI, suaramerdeka.com – Sebagai upaya menghadirkan energi bersih dan ramah lingkungan, Pertamina terus mendorong inovasi energi baru terbarukan.

Hal itu terwujud tidak hanya pada proses bisnis utama, namun juga pada program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

Salah satunya pada program Desa Energi Berdikari dengan melatih Kelompok Tani Ternak JSN Cengkir Gading yang berada di Dukuh Padokan, Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali pada Selasa 9 Agustus 2022.

Area Manager Communication, Relations, and CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan program tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitar lokasi operasi Pertamina.

Baca Juga: Menguak Teka-teki Motif ‘Sensitif’ Ferdy Sambo dalam Peristiwa Meninggalnya Brigadir J

Khususnya Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Adi Sumarmo yang berada di Kabupaten Boyolali.

“Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kami ingin menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat yang ada di sekitar lokasi operasi kami sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan dan ekonominya, salah satunya kepada kelompok tani ternak yang kami bina melalui program CSR,” ungkapnya.

Brasto menjelaskan Pertamina bersama kelompok ternak sapi tersebut telah mengembangkan inovasi energi baru terbarukan dengan memanfaatkan kotoran sapi sebagai biogas untuk bahan bakar memasak.

“Sebelumnya bahan bakar biogas hanya mereka operasikan di lokasi ternak saja, namun saat ini kami memberikan pelatihan bagaimana biogas yang dihasilkan dapat dimasukkan kedalam suatu wadah agar bisa digunakan di rumah masing-masing untuk memasak, yaitu dengan memanfaatkan bekas ban mobil truk yang tidak terpakai,” tandasnya.

Baca Juga: Peternak Ayam Pemula Sering Bingung soal Pakan? Ikuti Saran Sederhana Ini

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT RFB Catatkan Predikat Terbaik

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:56 WIB

Hilirisasi Baja Meningkat, Industri Logam Tumbuh Pesat

Kamis, 22 Desember 2022 | 12:12 WIB
X