Meningkat dan Lebih Kuat, Ekonomi Jawa Tengah Triwulan II Tumbuh Impresif

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:35 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. (Gambar: pixabay/tumisu)
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. (Gambar: pixabay/tumisu)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemulihan ekonomi Jawa Tengah pada triwulan II 2022 berlangsung lebih kuat.

Perekonomian Jawa Tengah pada triwulan II 2022 tumbuh 5,66 persen (yoy), meningkat dibanding triwulan sebelumnya yang sebesar 5,12 persen (yoy) dan lebih baik dibandingkan perekonomian nasional (5,44 persen; yoy).

Berdasarkan sisi pengeluaran, sumber pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah berasal dari konsumsi rumah tangga (RT) dan Ekspor luar negeri.

Sementara dari sisi lapangan usaha (LU), sumber pertumbuhan terbesar PDRB Jawa Tengah berasal dari LU transportasi dan pergudangan, penyediaan akomodasi dan makan minum, serta pertanian.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 9 Agustus 2022: Andin Alami Gangguan Psikis, Sal Jadi Penyemangat?

Dari sisi pengeluaran, konsumsi rumah tangga (RT) dan ekspor luar negeri merupakan sumber pertumbuhan ekonomi di triwulan II 2022, sementara konsumsi pemerintah dan investasi masih terkontraksi.

"Konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 6,14 persen (yoy) dan memberikan andil sebesar 3,62 persen," kata Rahmat Dwi Saputra selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah.

Perbaikan konsumsi RT seiring dengan peningkatan konsumsi pada periode bulan puasa dan Idul Fitri, liburan sekolah, dan peningkatan mobilitas masyarakat paska pelonggaran PPKM.

Selain itu, sejumlah kebijakan Pemerintah dan Bank Indonesia seperti relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Baca Juga: Mukjizat Agustus Emas, Mantap! 4 Shio Ini Dibanjiri Rezeki, Siap-siap Hidup Bak Jutawan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X