Dukung Digitalisasi Finansial yang Mudah, Cepat dan Aman, LPS Beri Persiapan Terbaik

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa di acara Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bertema menuju Masyarakat Cashless. (suaramerdeka.com / dok LPS)
Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa di acara Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bertema menuju Masyarakat Cashless. (suaramerdeka.com / dok LPS)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, digitalisasi adalah hal yang tidak bisa dihindari dan merupakan suatu keniscayaan.

Menurutnya, digitalisasi yang terjadi pada masyarakat saat ini seperti munculnya cashless society (masyarakat tanpa uang tunai) maupun tren perkembangan perbankan digital, tidak terlepas dari peningkatan pengguna internet di Indonesia.

“Masyarakat kita memang sebagian besar belum cashless, tetapi kita sedang bergerak ke arah sana. LPS akan mempersiapkan diri sebaik mungkin, karena kami juga ingin mewujudkan dunia finansial digital yang tumbuh dengan baik, cepat dan juga aman” ujarnya di acara Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bertema menuju Masyarakat Cashless, dihelat di Jakarta pada Rabu 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Kata Asmara Zodiak Hari Ini 4 Agustus 2022: Cancer Balik ke Mantan, Hubungan Segar Leo, Virgo Mana Cintamu?

Menurutnya, data terkini menunjukkan pengguna internet di Indonesia telah mencapai 204,7 juta jiwa atau 73,7 persen dari total populasi per Januari 2022.

Selain itu, pengguna internet yang memiliki mobile phone di Indonesia telah mencapai 96,1 persen.

Adapun persentase pengguna internet yang memiliki gawai lainnya seperti laptop, tablet, dan smart watch, masing-masing sebesar 68,7 persen, 18 persen dan 17,3 persen.

Berdasarkan data transaksi uang elektronik, selama tahun 2021 terjadi transaksi uang elektronik di Indonesia sebanyak 5,4 miliar kali transaksi dengan nilai transaksi mencapai Rp 239 triliun.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang 4 Agustus 2022: Cerah Berawan Sepanjang Hari

Tren kenaikan tersebut juga secara konsisten masih terjadi pada hingga pertengahan tahun 2022 baik secara volume maupun nilai.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Ini Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjaman Online

Kamis, 24 November 2022 | 10:36 WIB

Profesi Akuntan Bersinergi Hadapi Era Society 5.0

Selasa, 8 November 2022 | 17:26 WIB
X