Kemenperin Gaungkan P3DN, BUMN dan Pemda Didorong Belanja Produk Lokal

- Sabtu, 19 Juni 2021 | 10:59 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melihat-lihat praktek pembuatan tekstil di kampus Akademi Komunitas (Akom) Tekstil Solo. (suaramerdeka.com / dok)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melihat-lihat praktek pembuatan tekstil di kampus Akademi Komunitas (Akom) Tekstil Solo. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk makin menggaungkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Langkah strategis ini dinilai dapat membangkitkan kembali gairah usaha bagi para pelaku industri di tanah air yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Upaya itu sejalan dengan kampanye yang tengah digencarkan pemerintah, yakni Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, sekaligus menjadi momentum tepat untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Takaran Harus Pas, Jangan Sembarangan Bikin Wedang Uwuh

Hal itu dikatakan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat berdialog dengan para peserta Bimbingan Teknis Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di kampus Akademi Komunitas (Akom) Tekstil Solo, Jumat (18/6).

Menperin mengemukakan, potensi belanja pemerintah maupun badan usaha nasional sangat besar untuk dapat dibelanjakan produk dalam negeri.

Manfaatnya antara lain dapat menghemat devisa negara, mengurangi ketergantungan terhadap produk impor, meningkatkan kesempatan kerja, dan meningkatkan utilisasi industri nasional.

Baca Juga: Kemenko Kemaritiman dan Investasi Terjunkan Tim Khusus Kaji Isu Hambatan Perkembangan Pembangunan

Adapun potensi belanja barang dan belanja modal pemerintah pusat pada tahun 2021 mencapai Rp 607,7 triliun. Jumlah itu bisa dioptimalkan sebagai peluang terhadap penyerapan produk dalam negeri.

Dapat dibayangkan jika separuhnya saja mampu diserap oleh industri dalam negeri, maka industri dalam negeri dipastikan dapat berkembang pesat.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fed Isyaratkan Kenaikan Suku Bunga, Emas Merangkak Naik

Kamis, 23 September 2021 | 08:12 WIB

Kinerja PT KIW Tetap Positif di Masa Pandemi

Jumat, 17 September 2021 | 20:07 WIB

Data Ritel AS Menguat, Harga Emas Berjangka Menurun

Jumat, 17 September 2021 | 08:12 WIB

Transaksi Fisik Pasar Timah Melonjak

Kamis, 16 September 2021 | 22:29 WIB
X