Indonesia Buka Peluang Investor Asing di Bidang listrik Energi Baru dan Terbarukan

- Kamis, 17 Juni 2021 | 21:50 WIB
(Sumber: Kementerian Luar Negeri)
(Sumber: Kementerian Luar Negeri)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Diplomasi Indonesia senantiasa ditujukan untuk menjadi bagian dari solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi Indonesia.

Termasuk untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meringankan beban investasi pemerintah dengan mendorong masuknya modal asing ke Indonesia.

Baca Juga: Update Corona 17 Juni: Kasus Kematian Pasien Akibat Terinfeksi Virus Covid-19 Kini 53.753 Orang

“Sinergi Kemlu, Perwakilan RI, Kementerian dan Lembaga, serta seluruh pemangku kepentingan terkait sangat penting, termasuk memberikan informasi, asistensi, dan debottlenecking secara proaktif," ujar Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Abdul Kadir Jailani membuka Lokakarya Virtual “Mobilisasi Investasi Asing di Sektor Ketenagalistrikan Energi Baru dan Terbarukan” yang berlangsung secara daring.

Kemlu telah dan terus melakukan berbagai upaya mendorong inbound investment maupun outbound investment, antara lainmendukung BUMN Go Global melalui kerja sama dengan Kementerian BUMN dan Kementerian terkait.

Selain itu, juga membangun sistem dashboard data investasi yang lebih kokoh untuk perkuat fasilitasi BUMN maupun swasta serta membantu Perwakilan RI di luar negeri untuk mengawal investasi mulai dari tahap penjajakan hingga ‘menetas’.

Lokakarya mengulas berbagai seluk beluk, perijinan serta langkah-langkah investasi ketenagalistrikan energi baru dan terbarukan (EBT) oleh instansi pemerintah terkait, termasuk pengembang listrik swasta.

Baca Juga: Update Corona 17 Juni: Bertambah 12.624, Kasus Covid-19 di Indonesia Saat Ini 1.950.276

Mulai dari kebutuhan tenaga listrik Indonesia, prospek pertumbuhannya, potensi EBT, prosedur investasi pembangkit, hingga penetapan harga beli pemerintah atas listrik yang dihasilkan swasta.

Pemahaman yang komprehensif mengenai investasi ketenagalistrikan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para diplomat untuk menggerakkan investasi asing di sektor ketenagalistrikan ke tanah air serta menjembatani calon investor dengan otoritas terkait di Indonesia

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Sumber: kemenlu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Optimis Konsisten, Tren Kiprah Investor Muda Melambung

Minggu, 17 Oktober 2021 | 06:40 WIB
X