Ini 4 Kebijakan Bank Dunia Dorong Pemulihan Ekonomi, Bangkit dari Pandemi

Red
- Kamis, 3 Juni 2021 | 17:12 WIB
Bank Dunia/Foto Istimewa
Bank Dunia/Foto Istimewa


JAKARTA, suaramerdeka.com - Bank Dunia merekomendasikan empat kebijakan untuk mendorong pemulihan ekonomi agar mampu bangkit dari krisis pandemi Covid-19.

Rekomendasi tersebut tertuang dalam Indonesia Economic Prospects (IEP) bertajuk Boosting The Recovery.

“Kami akan membahas kebijakan-kebijakan yang menjadi prioritas,” demikian Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste Satu Kahkonen di Jakarta, Kamis, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Asyik, WNI di Jepang Bisa Kuliah di Usahid

Pandemi dalam satu tahun terakhir menyebabkan dunia mengalami resesi mencapai 3 persen termasuk Indonesia meski di level yang lebih kecil.

Kahkonen menuturkan resesi Indonesia lebih kecil daripada tingkat dunia, tapi jutaan orang kehilangan pekerjaan dan penurunan pendapatan sehingga sekitar 3 juta orang jatuh ke dalam lingkaran kemiskinan.

Di sisi lain, ia mengatakan respons kebijakan dari pemerintah Indonesia erhasil menghindari outcome ekonomi dan sosial yang lebih buruk.

Meski demikian, Kahkonen menegaskan pemerintah masih memerlukan kebijakan-kebijakan lain dalam rangka mendorong pemulihan yang lebih cepat, salah satunya melalui empat rekomendasi dari Bank Dunia.

Baca Juga: Italia Tim Pertama Lolos 16 Besar Piala Eropa 2020

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X