Perkaya Ilmu Bisnis dan Pemasaran UMKM, GoSend Luncurkan Buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller

- Selasa, 28 Juni 2022 | 20:24 WIB
GoSend meluncurkan buku ‘Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital’ di Semarang. ( suaramerdeka.com /dokumentasi Gojek. )
GoSend meluncurkan buku ‘Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital’ di Semarang. ( suaramerdeka.com /dokumentasi Gojek. )

SEMARANG, suaramerdeka.com - GoSend meluncurkan buku ‘Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital’ di Semarang.

Peluncuran buku ini bertujuan untuk memperkaya ilmu bisnis dan pemasaran para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Central & West Java, Mulawarman mengatakan bahwa kehadiran buku ini merupakan sebuah bentuk dukungan dari Gojek bagi UMKM di kota Semarang.

Baca Juga: Sekilas Sejarah MyPertamina, dari Gerai hingga Layanan dan Kontroversinya

"Berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI tahun 2021 silam, kontribusi ekonomi ekosistem digital Gojek dan GoTo Financial (di luar Tokopedia) diperkirakan sekitar Rp 5,8 triliun di tahun 2020 atau setara dengan 3,1% PDRB untuk Semarang.

Kontribusi besar ini menunjukkan peran penting UMKM dalam pemulihan ekonomi di tingkat lokal pasca-pandemi.

Di saat kita bergerak ke situasi pasca pandemi, pelaku UMKM perlu membaca perubahan dan tantangan serta peluang apa saja yang menanti di depan mereka, khususnya di era digital.

Baca Juga: Gangster Semarang Rayakan Ultah dengan Pesta Miras dan Tawuran Secara Live Diamankan Aparat

Untuk mencapai hal ini, para pelaku UMKM tanah air membutuhkan dukungan dari semua pemangku kepentingan, mulai dalam bentuk peraturan yang suportif, ekosistem digital yang mumpuni, hingga mentoring, knowledge transfer, dan support system dari sesama pelaku usaha,” jelas Mulawarman saat peluncuran buku di Semarang, Senin, 27 Juni 2022.

Buku ini merangkum lanskap dan berbagai strategi bisnis UMKM di era digital.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

XL Axiata Pacu Akselerasi Digitalisasi UMKM Perempuan

Kamis, 25 Agustus 2022 | 09:32 WIB
X