Hari Isi Ulang Sedunia, Masyarakat Diajak Pakai Produk Guna Ulang dalam Kehidupan Sehari-hari

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:39 WIB
Ilustrasi penggunaan produk guna ulang dalam kehidupan sehari-hari. (suaramerdeka.com / dok Greenpeace)
Ilustrasi penggunaan produk guna ulang dalam kehidupan sehari-hari. (suaramerdeka.com / dok Greenpeace)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Greenpeace mengajak masyarakat untuk mengawali kehidupan berkelanjutan yang dimulai dari pemakaian wadah atau kemasan guna ulang dan isi ulang dalam kehidupan sehari-hari.

Ajakan Greenpeace itu dalam rangka memperingati Hari Isi Ulang Sedunia yang jatuh pada 16 Juni 2022 lalu,  

Selain itu, Greepeace juga mengajak masayarakat untuk turut meminta produsen agar segera beralih ke produk refil dan reuse serta membuka peta jalan pengurangan sampah mereka ke publik.

“Kami akan terus mengampanyekan pemakaian guna ulang ini melalui sosial media,” ujar Juru Kampanye Urban Greenpeace Indonesia, Muharram Atha Rasyadi.

Baca Juga: Rezeki Melimpah di Akhir Juni 2022, Selamat! 5 Zodiak Ini Bakal Kaya Raya, Hidup Jadi Lebih Baik

Dia mengatakan kampanye Greenpeace saat ini juga lebih mendorong ke arah produsen dengan mengajak masyarakat ikut meminta mereka agar beralih ke produk-produk refil dan mengurangi produk sekali pakai.

”Ada beberapa yang sedang kami rencananya ke depan. Ini masih in progress dan mungkin baru akan dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan,” katanya.

Di akun Instagramnya, di Hari Isi Ulang Sedunia 2022 ini, Greenpeace juga mengajak warganet yang sudah mulai menghindari plastik sekali pakai untuk membagikan pengalaman mereka. 

Ujang Solihin Sidik, Kasubdit Tata Laksana Produsen Direktorat Pengurangan Sampah KLHK mengatakan, berbicara soal pengelolaan sampah, kemasan-kemasan yang bisa diguna ulang itu menempati posisi yang paling tinggi dalam hierarki dibanding kemasan yang hanya di desain sekali pakai.

Baca Juga: Urusan Ranjang, 6 Zodiak Ini Paling Jago dan Lihai, Pasangan Auto Makin Cinta!

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pupuk Indonesia Go Global Lewat Ekspansi di Dubai

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:01 WIB
X