Pemerintah Terus Akselerasi Dukungan Penguatan UMKM dan IKM

- Rabu, 15 Juni 2022 | 14:23 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (suaramerdeka.com /ekon.go.id)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (suaramerdeka.com /ekon.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah terus mengakselerasi berbagai langkah dukungan bagi para pelaku ekonomi agar segera pulih dari dampak pandemi Covid-19 melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa, 14 Juni 2022, mengatakan penerapan Program PEN memberikan dukungan langsung kepada masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan perlindungan sosial.

Seiring dengan stimulasi kinerja industri, UMKM dan koperasi melalui insentif usaha dan dukungan pembiayaan.

Baca Juga: Pemalas dan Suka Menyendiri, Kenali Ciri-Ciri Lain Pemilik Khodam Badarawuhi

“Berbagai dukungan pembiayaan seperti Subsidi Bunga, BPUM, Bantuan Tunai untuk PKL, Warung dan Nelayan, Penjaminan Kredit Modal Kerja, dan lainnya akan terus dilanjutkan di tahun ini guna memastikan UMKM benar-benar pulih dan dapat naik kelas,” kata Menko Airlangga.

Pemerintah juga terus mendukung dan menguatkan daya saing Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui penguatan akses pembiayaan, fasilitasi teknologi dan sarana prasarana produksi, peningkatan kualitas produk dan keahlian SDM, peningkatan akses pasar, serta akses sumber daya bahan baku/bahan penolong melalui pembangunan material center.

Kebijakan pembangunan material center merupakan salah satu wujud keberpihakan Pemerintah untuk menjamin ketersediaan bahan baku dan/atau bahan penolong bagi IKM.

Baca Juga: Urusan Ranjang, Pemilik Khodam Badarawuhi Konon Kuat dan Hebat, Auto Banyak Keturunan

Material center berfokus pada penyelesaian isu pemenuhan pasokan bahan baku berupa bahan baku dengan spesifikasi khusus, penjadwalan antara logistik, harga bahan baku, serta minimum order quantity yang tidak mudah dipenuhi IKM.

Beberapa pilot project material center pada tahun 2022 yakni material center furnitur di Jepara, material center IKM TPT, material center IKM alat angkut di Kabupaten Tegal, dan material center IKM perkakas pertanian di Kabupaten Bandung.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SBA 2022 : 386 Brand dan 76 UMKM Disurvey

Rabu, 27 Juli 2022 | 18:53 WIB

SBA 2022: Kebangkitan Brand Pasca Pandemi

Rabu, 27 Juli 2022 | 17:43 WIB
X