Bedah Rumah TNI di Sikka, PLN Optimalkan Limbah Batu Bara PLTU Ropa

- Rabu, 15 Juni 2022 | 07:15 WIB
Salah satu rumah TNI di Sikka yang dibedah PLN dengan memanfaatkan limbah batu bara. (suaramerdeka.com / dok PLN)
Salah satu rumah TNI di Sikka yang dibedah PLN dengan memanfaatkan limbah batu bara. (suaramerdeka.com / dok PLN)

SIKKA, suaramerdeka.com - PT PLN (Persero) melakukan bedah rumah bagi Prajurit TNI Komando Distrik Militer (Kodim) 1603 Sikka.

Dalam bedah rumah TNI, PLN memanfaatkan limbah sisa pembakaran batu bara atau fly ash and bottom ash (FABA) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap Ropa, NTT,

Menurut General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko, program tersebut merupakan bagian dari sinergi dengan TNI sekaligus untuk memperkenalkan dan memanfaatkan FABA untuk program bedah rumah prajurit.

Baca Juga: Intip Asmara Zodiak Hari Ini 15 Juni 2022: Cinta Leo Rumit, Pasangan Cancer Berharga, Virgo Saatnya Jeda!

Pihaknya berharap kehadiran rumah layak huni dapat menjadikan prajurit TNI memperoleh kehidupan yang lebih baik, sehat, dan produktif terutama dalam mendukung tugas di kesatuan TNI.

"Semoga sinergi PLN dan TNI dalam pemanfaatan FABA maupun tugas kenegaraan lainnya terus berkelanjutan sehingga pembangunan berjalan lancar dan berdampak bagi masyarakat," tutur Jatmiko.

PLTU Ropa sendiri mampu memproduksi FABA sebanyak 5.300 metrik ton per hari.

Baca Juga: Selamat! Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Menang 7-0 Atas Nepal

Potensi ini kemudian diolah oleh PLN untuk menjadi produk material konstruksi seperti paving blok, bata interlock, kanstein, batako dan produk material konstruksi lainnya untuk pembangunan.

"Selain itu, FABA juga telah digunakan untuk membangun sarana umum seperti jalan lingkungan, jalan desa, gereja, masjid, dan sarana umum lainnya dan jalan. FABA juga telah digunakan untuk bedah rumah layak huni sebanyak 14 unit sejak bulan Juni tahun 2021 hingga saat ini," jelas Jatmiko.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pupuk Indonesia Go Global Lewat Ekspansi di Dubai

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:01 WIB
X