Pandemi Covid-19, Dagangan Siap Dorong Perekonomian Pedesaan

- Selasa, 15 Juni 2021 | 19:55 WIB
Founder aplikasi Dagangan, Wilson Yanaprasetya saat berdialog dengan pelaku UMKM di Bawen, Kabupaten Semarang, Selasa (15/6). SM/Dok
Founder aplikasi Dagangan, Wilson Yanaprasetya saat berdialog dengan pelaku UMKM di Bawen, Kabupaten Semarang, Selasa (15/6). SM/Dok

SALATIGA, suaramerdeka.com - Sebuah aplikasi yang menjaul produk melalui media sosial, yang bernama Dagangan, berkomitmen membantu perekonomian masyarakat kecil atau UMKM di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Seperti disampaikan founder aplikasi Dagangan, Wilson Yanaprasetya, bahwa, aplikasi ini menyasar pelaku UMKM di pedesaan yang memiliki keterbatasan infrastruktur.

Cukup bertransaksi secara dalam jarigan atau online, berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari produk sembako, bahan segar hingga kebutuhan harian lainnya, bisa diantar.

Khususnya bagi pemilik warung yang ingin kulakan barang, tetapi tidak harus ke luar rumah.

Baca Juga: Abdillah Toha Komentari Hakim Pangkas Hukuman Pinangki Jadi 4 Tahun, Manusiawi Sekali

"Dagangan hadir memberikan kemudahan kepada masyarakat lokal dalam menjalankan kegiatan ekonomi sehari-hari. Dengan semangat membangun ekonomi lokal, Dagangan menawarkan solusi layanan digital satu pintu dalam menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga secara grosir atau eceran," katanya di Bawen, Kabupaten Semarang, kemarin.

Ditambahkan dia, aplikasi Dagangan ini menghubungkan antara produsen dan konsumen. Di antaranya, membuka jaringan dengan menyasar Sumber Daya Manusia (SDM) di pedesaan dan pedalaman serta kota-kota kecil.

"Distribusi aplikasi Dagangan akan langsung ke daerah dimana konsumen membutuhkan asupan sembako yang diinginkan. Kami mencoba membantu kelompok masyarakat di pedesaan dan pedalaman khususnya untuk menambah pendapatan keluarga di saat pandemi Covid-19 melanda tanah air," paparnya.

Baca Juga: Industri Ekonomi Kreatif Tetap Eksis Meski Pandemi

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Salatiga Roch Hadi menambahkan sebagian besar masyarakat cenderung memilih pasar online untuk membeli barang kebutuhannya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Darurat, Persipa Bantu Promosikan UMKM Pati

Senin, 19 Juli 2021 | 07:45 WIB

Corona Mengganas, Program PEN Jadi Tumpuan UMKM

Jumat, 16 Juli 2021 | 17:05 WIB
X