Kinerja Pengelolaan Anggaran dan Kegiatan Kemenkeu, Ini Catatan dari DPR

- Selasa, 15 Juni 2021 | 13:25 WIB
Puteri Anetta Komaruddin. (suaramerdeka.com / dok)
Puteri Anetta Komaruddin. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Keuangan memaparkan pagu indikatif tahun 2022 sebesar Rp43,19 triliun, termasuk alokasi anggaran untuk Badan Layanan Umum di bawah Kemenkeu.

Sejumlah catatan diberikan DPR melalui Anggota Komisi XI Puteri Anetta Komarudin, atas kinerja pengelolaan anggaran dan kegiatan.

Catatan diberikan dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI yang membahas akuntabilitas kinerja selama tahun 2020 dan pagu indikatif Kementerian Keuangan tahun 2022 pada rapat kerja bersama.

“Efisiensi belanja birokrasi yang dilakukan Kemenkeu ini perlu menjadi contoh bagi kementerian-kementerian lainnya,” kata Puteri dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: UMKM Penggerak Ekonomi di tengah Pandemi, Butuh Perencanaan dan Perlindungan

“Dari yang sebelum periode pandemi, belanja birokrasi mencapai sekitar Rp1,97 triliun, kemudian menurun drastis hingga 63 persen menjadi hanya sekitar Rp 720 miliar."

"Jika Kemenkeu bisa melakukan efisiensi mencapai sekitar Rp1,25 triliun, tentu Kementerian / Lembaga (K/L) lain perlu didorong hal yang sama. Dengan begitu penghematan yang dihasilkan dapat lebih besar lagi,” tambah Puteri.

Politisi Partai Golkar itu juga menyoroti capaian kinerja Kemenkeu yang diukur dengan Indeks Kepuasan Pengguna Layanan yang mengalami penurunan menjadi 4,36 pada tahun 2020. Padahal capaian indikator tersebut pada tahun 2019 mencapai 4,56.

Baca Juga: Stafsus Presiden Tekankan Pentingnya Kolaborasi untuk Keberhasilan Pelaku Usaha

Kemenkeu memiliki target besar untuk meningkatkan rasio perpajakan tahun depan. Di mana, keberhasilannya tidak terlepas dari kepatuhan dan dukungan publik,” katanya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kelompok UKM di Sleman Didorong Bentuk Koperasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:01 WIB

Hendi Dukung UMKM Naik Kelas Lewat Desain Kemasan

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:47 WIB
X