UMKM Penggerak Ekonomi di tengah Pandemi, Butuh Perencanaan dan Perlindungan

- Selasa, 15 Juni 2021 | 13:00 WIB
Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebagai salah satu pilar utama dalam perkembangan perekonomian negara, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mampu membuktikan ketahanannya ketika terjadi krisis ekonomi.

Dalam mendukung ketahanan ini, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid, mengungkapkan bahwa pengembangan kewirausahaan dan kompetensi sangat diperlukan.

Apabila kalangan pelaku usaha sudah dengan matang mempersiapkan strategi bisnis beserta perlindungan yang sesuai untuk usahanya, pertumbuhan pengusaha nasional dan UMKM dapat semakin terealisasi.

Untuk itu, perlu perencanaan strategis bagi pertumbuhan pengusaha nasional dan UMKM serta pengembangan kompetensinya.

Baca Juga: Stafsus Presiden Tekankan Pentingnya Kolaborasi untuk Keberhasilan Pelaku Usaha

Kadin pun melaporkan bahwa hal ini bisa tercapai dengan mendirikan innovation hub untuk berbagi ilmu, pengalaman, serta melakukan program mentoring kepada UMKM dan pengusaha muda.

Dapat didorong juga peningkatan kualitas dan kapasitas pengusaha negara melalui program vocational training.

Kini, kehadiran e-commerce dianggap sebagai salah satu kanal dagang utama bagi UMKM, dengan cakupan penjualan yang luas hingga internasional dan target pasar yang lebih spesifik.

Baca Juga: Green Banking, Hutan Organik Dikembangkan dan Dorong Ekonomi Desa

Survei DSInnovate melaporkan adanya penggunaan platform e-commerce yang mencapai 49 persen sebagai sarana berjualan online.

Hendy Setiono, Founder dan CEO Baba Rafi Enterprise, menjelaskan bahwa pandemi yang membatasi aktivitas masyarakat memaksa para pengusaha untuk semakin menerapkan digitalisasi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sandi Uno: Pertahankan Lapangan Kerja

Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:12 WIB

Hastag Local Pride naikan Brand Lokal Indonesia

Senin, 4 Oktober 2021 | 20:08 WIB
X