Climate Action dan Pendanaan SDGs, LPS Dukung Tri HIta Karana Forum

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 11:00 WIB
Rapat koordinasi forum Tri Hita Karana yang dipimpin Menko Kemaritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Sanur, Bali, Jumat 10 Juni 2022. (suaramerdeka.com / dok Kemenko Marves)
Rapat koordinasi forum Tri Hita Karana yang dipimpin Menko Kemaritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Sanur, Bali, Jumat 10 Juni 2022. (suaramerdeka.com / dok Kemenko Marves)

DENPASAR, suaramerdeka.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) , Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) serta Yayasan Tri Hita Karana akan menyelenggarakan Tri Hita Karana (THK) Forum, pada gelaran G20 November.

THK diharapkan bisa merealisasikan berbagai komitmen multi pihak, untuk mendukung climate action sekaligus mengisi gap pendanaan untuk implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di negara berkembang.  

"LPS bersama Kemenko Marves membantu mengkoordinasikan, mempersiapkan substansi dan teknis persiapan, agar THK forum lebih siap dan sukses pada November nanti," ujar Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa.

"Ada dua jenis deliverables, yang pertama key launches dan ke 2 investment outcome," tambah Yudhi rapat koordinasi yang dipimpin Menko Kemaritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Sanur, Bali, Jumat 10 Juni 2022. 

Baca Juga: Pandemi Melandai, SD IT Bina Amal Gelar Mabit Offline Perdana     

THK Forum menurut Ketua LPS, menjadi ajang yang bisa menyatukan G7 dan G20 bersama untuk membuat program terkait emisi dan climate action.

Pihaknya percaya dengan penyelenggaraan THK forum pada 13-14 November 2022 dapat mencapai target komitmen global climate action on SDGs.   

"Kami saat ini melakukan komunikasi dan rapat-rapat yang intens, karena menurut kami ada beberapa strategi pendanaan seperti pendanaan pertanian dan pendanaan ekonomi biru yang mengelola pendanaan sumber daya ikan dan kawasan konservasi perairan dan ekosistem laut - yang penting untuk diangkat di acara ini,"  kata Purbaya.

Baca Juga: Sinergi GCRG dan G20, Airlangga Pastikan Tidak Ada Negara Tertinggal

Menko Luhut mengatakan pada rangkaian kunjungannya ke Jerman bulan lalu, ia mendapat respon positif atas komitmen dan langkah-langkah konkret yang telah diambil pemerintah.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resesi 2023 dan Situasi Tekanan Cash is The King

Kamis, 29 September 2022 | 14:10 WIB
X